2021, Apple Bakal Buka Toko Resmi Pertama di India

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Februari 2020 16:02 WIB
    2021, Apple Bakal Buka Toko Resmi Pertama di India
    Ilustrasi. (Business Insider)
    Jakarta: Apple dipastikan menjadikan India sebagai penyumbang kesuksesan penjualan iPhone. Setelah pemerintah India berhasil menyediakan dukungan fasilitas Foxconn, perakit iPhone, di negara tersebut kini Apple siap berbisnis langsung.

    Dilaporkan Apple sudah merencanakan bahwa mereka akan membuka toko resmi pertama di India. Mereka akan membukanya pada tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh CEO Apple, Tim Cook pada rapat pemegang saham perusahaannya.

    Dikutip dari Engagdet, Cook menyatakan ingin bisnis Apple yaitu toko ritel resmi mereka dikelola oleh mereka sendiri, bukan mengandalkan mitra lokal di negara tersebut. Alasannya baru berencana di tahun 2021 karena pihak Apple mengklaim sedang meminta izin kepada pemerintah India.

    Selain lewat jalur offline atau ritel, Apple juga mengumumkan kepada pemegang saham akan mendukung penjualan iPhone secara online ke India mulai akhir tahun ini. 

    Data Statista menyebutkan sejak kuartal kedua tahun 2015, pendapatan terbesar Apple berasal dari Tiongkok untuk pertama kalinya setelah selama ini mengandalkan Eropa. India sendiri masih menjadi pasar smartphone Android.

    Langkah terbaru Apple barusan mungkin akan membantu kondisi bisnis Apple yang diprediksi oleh Cook tidak akan bagus. Hal ini imbas dari virus Korona atau Covid-19 yang melanda Tiongkok terutama fasilitas perakitan iPhone milik Foxconn.

    Apple sudah mendapatkan izin dari pemerintah India untuk berbisnis di negara tersebut sejak tahun 2018 dengan syarat menyediakan lapangan kerja lewat pabrik milik Foxconn. Di sana Apple juga sudah memasarkan iPhone yang disesuaikan pasar lokal. 

    Misalnya, Apple berencana merilis iPhone terbaru di kelas entry level yaitu iPhone SE 2 di negara tersebut. Produk ini akan menjadi senjata menarik minat pengguna smartphone Android di India.

    India dan Indonesia sebetulnya sama-sama pasar smartphone Android terbesar di dunia setelah Tiongkok di posisi pertama. Sayangnya, Indonesia kini harus mengalah dari India karena belum memiliki toko ritel resmi langsung dari Apple. India akan mendapatkan perlakuan seperti Singapura yang punya toko resmi Apple.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id