Google Gelar Sesi Pertama Pertama Google for Media

    Lufthi Anggraeni - 28 Juli 2020 16:00 WIB
    Google Gelar Sesi Pertama Pertama Google for Media
    Google menggelar webinar Google for Media pertama, bertema Innovation in the Newsroom.
    Jakarta: Google menjalankan sejumlah program dan kemitraan dengan beberapa perusahaan media di Indonesia. Dan pada gelaran Google for Media pertama, Google menjelaskan metode kerja samanya dengan  lembaga berita di Indonesia.

    Innovation in the Newsroom menjadi tema pertama yang dipilih Google untuk gelaran sesi webinar Google for Media. Tekanan yang dihadirkan Covid-19 dan mempengaruhi pembuatan berita berkualitas hingga kelangsungan model bisnis menjadi topik utama dalam webinar ini.

    “Saya meyakini bahwa kolaborasi antara lembaga-lembaga negara, dunia usaha, para wartawan dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia,” ujar Direktur Aptika Kementerian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan dalam sambutannya.

    Acara tersebut juga diklaim Google merupakan bagian dari kontribusi Google, guna memberikan insight dan solusi bagi media di Indonesia terkait cara terbaik untuk menerapkan perubahan dan terus berkembang.

    Google juga menegaskan misinya dalam membantu semua orang memahami dunia dengan menyediakan akses ke berita berkualitas tinggi dari berbagai perspektif. Google juga menyebut ingin berusaha memastikan adanya ekosistem sumber berita lokal dan nasional independen dan sehat, mewakili berbagai perspektif.

    Komitmen Google dalam menghadirkan berita dan informasi berkualitas sudah dimulai sejak 18 tahun lalu, tepatnya pada tahun 2002. Dan tahun 2018, Google mengkonsolidasikan semua inisiatif terkait dengan media ke dalam satu wadah bertajuk Google News Initiative.

    Sejak itu, Google mengklaim telah menyediakan komitmen sebesar USD300 juta (Rp4,4 triliun) selama 3,5 tahun untuk mendukung industri berita. Google juga menyiapkan tiga program menarik, melibatkan sejumlah tim Google dan penerbit berita di Indonesia.

    Program ini membahas sesuai dengan topik yang diusung webinar pertama ini, dan masing-masingnya ditujukan untuk mengatasi tantangan unik seperti cara menghadirkan dan memastikan penerapan konsep-konsep inovatif di ruang redaksi.

    Selain itu, tantangan unik lainnya termasuk cara memanfaatkan ranah online dan memonetisasikan konten online bagi media yang belum pernah melakukan hal ini sama sekali, serta cara mengatasi masalah klasik di ruang redaksi melalui sudut pandang berbeda.

    Pada gelaran webinar Innovation in the Newsroom ini, Google turut menampilkan sejumlah narasumber termasuk CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata, Editor in Chief Medan Post Farianda Putra Sinik, Editor Sukabumi Update Muhammad Gumilang, Editor e27 Anisa Menur Maulani, serta Head of Content Editor Pikiran Rakyat Yusuf Wijanarko.

    Google akan menghelat gelaran kedua webinar ini pada tanggal 26 Agustus 2020 mendatang, dengan usungan tema YouTube and News.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id