Tips Menekan Biaya Operasional Perusahaan

    Gervin Nathaniel Purba - 31 Agustus 2020 08:00 WIB
    Tips Menekan Biaya Operasional Perusahaan
    Hypernet memberikan berbagai macam layanan penyediaan dan pengelolaan sumber daya teknologi informasi (Foto:Dok)
    Jakarta: Setiap bisnis modern memiliki biaya operasional yang dibutuhkan agar perusahaan tetap bertahan. Pengeluaran ini terkadang dapat membebani pemilik bisnis, terutama mereka yang memiliki masalah keuangan, seperti arus kas negatif atau keuntungan rendah.

    Dalam menjaga keuangan tetap sehat, sebenarnya biaya operasional dapat diturunkan tanpa mengorbankan kualitas produk  atau layanan. Menurunkan biaya operasional dapat mendatangkan keuntungan dan meningkatkan arus kas pada bisnis Anda.

    Apa saja yang bisa dilakukan agar biaya operasional dapat ditekan?

    1. Manfaatkan Otomatisasi

    Kemajuan teknologi sangat  membantu menyelesaikan pekerjaan lebih banyak dengan biaya yang lebih rendah. Contohnya, memanfaatkan otomatisasi.

    Anda dapat mengatur otomatisasi untuk melakukan hal seperti posting dan balasan media sosial, tanggapan email, dan penyortiran hal-hal lainnya.

    Anda juga dapat mengotomatisasi dan mengatur proses alur kerja untuk meningkatkan efisiensi karyawan secara keseluruhan dan waktu untuk memasarkan produk atau layanan.

    Oleh karena itu, meningkatkan otomatisasi dalam proses bisnis dapat sangat mengurangi biaya operasi dan menghemat waktu dan uang untuk proyek penting lainnya.

    2. Menekan Biaya Overhead

    Menurunkan biaya overhead juga dapat membantu menekan biaya operasi perusahaan dalam jangka panjang. Biaya overhead biasanya meliputi biaya sewa, utilitas, tagihan telepon, asuransi, pajak, dan peralatan kantor.

    3. Layanan IT Profesional

    Layanan Professional Service Hypernet merupakan layanan pengelolaan sumber daya IT (informasi dan teknologi) yang dimiliki pelanggan. Layanan Professional Service Hypernet meliputi pengelolaan sumber daya manusia, sistem dan infrastruktur jaringan serta integrasi seluruh aktivitas sumber daya informasi dan teknologi tersebut meliputi layanan konsultan IT terbaik untuk perancangan, implementasi dan pengawasan kebutuhan IT. Layanan ini merupakan sebuah wujud nyata dari bentuk total customizable IT management yang berdampak signifikan terhadap efisiensi investasi maupun biaya dalam konteks operasional perusahaan.

    4. Menekan Biaya Pemasaran

    Pemasaran termasuk dalam biaya operasional lain karena menghasilkan pengembalian investasi melalui penjualan. Namun, pemasaran bisa menjadi sangat mahal. Menurunkan biaya pemasaran dapat membantu menekan biaya operasional.

    Beruntung, fasilitas online (daring) memberikan banyak peluang pemasaran yang dapat dimanfaatkan dengan sedikit biaya atau tanpa biaya sama sekali.

    5. Menurunkan Biaya Ruang Kantor dan Peralatan

    Pengalihdayaan adalah cara yang baik untuk mengurangi kebutuhan ruang kantor dan biaya tenaga kerja. Namun, bukan berarti Anda akan memiliki sedikit karyawan pada tim.

    Pengalihdayaan membantu mengurangi ruang kantor yang diperlukan, sehingga dapat mengurangi biaya tersebut lebih jauh.

    Contoh yang bagus adalah melakukan pekerjaan jarak jauh. Dengan daya komputasi terbaru dan kecepatan internet yang tinggi, karyawan dapat bekerja dari rumah atau dari manapun dengan seefisien mungkin seperti saat mereka bekerja di kantor.

    Tidak ada kantor fisik berarti mengurangi biaya perlengkapan kantor. Sebagai gantinya, Anda menyiapkan perangkat penunjang teknologi digital.

    Perangkat lunak seperti penyimpanan berbasis awan (cloud) dan drive dapat menyimpan dokumen tanpa butuh kertas dan persediaan lainnya. Selain itu, data perusahaan juga bisa disimpan dalam perangkat, tentunya disertai dengan sistem keamanan yang bagus.

    Untuk mendukung merealisasikan upaya efisiensi biaya perusahaan (opex), sebaiknya gunakan jasa dari perusahaan Managed Service Provider (MSP) terpercaya. Misalnya, Hypernet. 

    Layanan informasi dan teknologi terbaik dengan biaya terukur (opex) dapat diwujudkan dengan menggunakan Hypernet.

    Berikut ini manfaat penggunaan Hypernet bagi bisnis.

    1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

    Sebagai perusahaan MSP, Hypernet memberikan berbagai macam layanan penyediaan dan pengelolaan sumber daya teknologi informasi (TI). Hypernet juga memberikan solusi produktivitas kerja berbasis cloud, SDM yang bersangkutan untuk membantu optimalisasi, dan efisiensi bisnis.

    2. Meningkatkan Keamanan Aset Teknologi

    Perusahaan membutuhkan suatu cara yang tepat untuk dapat melindungi data perusahaan yang berharga. Hypernet mengembangkan solusi security managed service.

    Selain itu, Hypernet security as a service membantu bisnis tetap berkembang tanpa harus memikirkan terkait dengan keamanan data dan jaringan.

    3. Biaya yang Terprediksi dan Fleksibilitas Finansial

    Hypernet memiliki atau membangun departemen TI di sebuah perusahaan membutuhkan biaya investasi yang tidak sedikit.

    Kesalahan dalam mengelola sumber daya TI dapat menyebabkan kerugian bisnis yang cukup besar. MSP dapat memberikan solusi yang lebih efektif untuk efisiensi biaya dalam kebutuhan TI.

    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id