Apple Telah Pindahkan Sejumlah Manufaktur AirPods Pro ke Vietnam

    Lufthi Anggraeni - 22 Mei 2020 10:31 WIB
    Apple Telah Pindahkan Sejumlah Manufaktur AirPods Pro ke Vietnam
    Sejumlah konsumen menemukan AirPods Pro yang dirakit di Vietnam, berdasarkan keterangan di sasis.
    Jakarta: Keterangan yang tercantum pada sejumlah sasis Apple AirPods Pro kini menyebut bahwa headphone tersebut dirakit di Vietnam, berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter dan sejumlah laporan dari forum MacRumors.

    Namun, The Verge menyebut salah satu pegawainya yang baru saja membeli AirPods Pro mengindikasikan bahwa Apple telah mulai mengurangi ketergantungannya pada manufaktur di Tiongkok. Umumnya, unit AirPods Pro tersemat pesan di bagian belakang sasis menyebut perangkat dirakit di Tiongkok.

    Apple diketahui oleh masyarakat luas memproduksi sebagian besar produk karyanya di Tiongkok. Namun, Apple telah menunjukan minatnya, dan bahkan telah melakukan investasi asing dalam jumlah besar, dalam melakukan diversifikasi terhadap manufakturnya.

    Sebagian besar keputusan ini didorong oleh dampak dari pandemik Covid-19 serta perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Perang dagang ini membebankan tarif pajak pada sejumlah produk dan komponen Apple.

    Selain itu, hal ini juga memberikan tekanan pada upaya CEO Tim Cook melobi pemerintahan yang dipimpin oleh Donald Trump. Pada tahun 2017 lalu, Apple juga mulai merakit sejumlah model iPhone di India.

    Pada bulan Februari lalu, sebagai contoh, Apple merilis catatan investor langka menyebut bahwa pasokan iPhone global akan mengalami hambatan sementara waktu, sebab mitra manufakturnya di Tiongkok tengah berjuang menghadapi penyebaran virus korona.

    Nikkei melaporkan pada bulan Juli lalu bahwa Apple mempertimbangkan untuk memindahkan sejumlah manufakturnya di Vietnam juga akibat perang dagang. Hingga saat ini, masih belum diketahui persentase AirPods Pro yang diproduksi di Vietnam.

    Selain itu, juga belum tersedia informasi menyoal rencana Apple untuk memproduksi lebih banyak produk di Vietnam.

    Rumor yang sebelumnya beredar menyebut Apple berencana untuk menggunakan pabrik di Vietnam untuk memproduksi sepasang headphone over-ear yang belum diumumkan, meski juga akan memproduksi sejumlah headphone di Tiongkok.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id