Tutup Blanja.com, Langkah Telkom Diklaim Tepat

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 September 2020 10:21 WIB
    Tutup Blanja.com, Langkah Telkom Diklaim Tepat
    Blanja.com.
    Jakarta: Beberapa waktu lalu Telkom Indonesia memutuskan untuk menutup platform e-commerce lokal miliknya, Blanja.com. beragam pengamat ekonomi digital menilai bahwa langkah tersebut diklaim sudah tepat apabila mempertimbangkan dari aspek bisnis dan keuangan.

    Pandangan ini disampaikan sejumlah pengamat seperti Ignatius Untung, Daniel Tumiwa, Doni Ismanto Darwin, dan Luke Syamlan yang dihubungi secara terpisah.

    "Sebagai listed company itu hal yang wajar dilakukan Telkom karena ada pertanggungjawaban ke investor dari setiap aksi korporasinya," ujar pendiri aplikasi trading saham Teman Trader, Luke Syamlan.

    "Saya lihat investor quite happy dengan aksi korporasi itu karena sehari setelah diumumkan saham Telkom sempat naik," tambahnya. Sedikit berbeda dari pengamat ekonomi digital Ignatius Untung menilai bahwa area bisnis Blanja sudah ramai dan persaingannya ketat dengan beberapa pemain dominan.

    "Totalnya ada 10 pemain lebih, di mana 5 di antaranya sudah cukup dominan dan butuh investasi besar untuk mengejarnya," ucap Ignatius. Menurutnya, Telkom justru lebih diuntungkan saat masuk ke segmen B2B (Business-to-Business).

    "Dugaan saya Telkom berhitung dan mendapatkan hasilnya bahwa investasi di bidang itu Return On Investment (ROI) tidak sebaik ketika mereka masuk ke segment Business to Business (B2B) yang lebih sedikit pemainnya," ulasnya
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id