comscore

Kerentanan di Modem Qualcomm Beri Celah untuk Hacker

Lufthi Anggraeni - 08 Mei 2021 12:19 WIB
Kerentanan di Modem Qualcomm Beri Celah untuk Hacker
Check Point Research menemukan celah kerentanan pada Qualcomm Mobile Station Modem (MSM).
Jakarta: Laporan baru dari perusahaan keamanan Check Point Research, Qualcomm Mobile Station Modem (MSM) dapat dieksploitasi oleh peretas dan digunakan untuk merekam panggilan telepon dan lainnya.

Sebagai informasi, MSM sudah ada sejak awal tahun 1990-an dan digunakan pada perangkat 2G, 3G, 4G dan bahkan 5G, serta menghadirkan kerentanan serius memungkinkannya diretas dari jarak jauh semudah mengirim pesan SMS.

 



Mengutip GSM Arena, dengan demikian, peretas akan dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk menyisipkan kode berbahaya ke dalam mode dari perangkat Android. Kode ini memungkinkan pelaku tindak kejahatan untuk mendengarkan panggilan, membaca pesan teks.

Bahkan, kerentanan ini juga dapat memberikan akses kepada peretas dalam membuka kunci kartu SIM, sehingga dapat memperoleh jalan pintas dari batasan yang diterapkan oleh penyedia layanan seluler.

Menurut laporan tersebut, hampir 30 persen dari seluruh smartphone yang didukung chipset Qualcomm merupakan target potensial untuk eksploitasi itu. Satu-satunya hal yang pengguna dapat lakukan saat ini adalah dengan menjaga perangkat didukung patch keamanan terbaru.

Selain itu, menurut pernyataan resmi yang dirilis Tom’s Guide, Qualcomm telah menyediakan software untuk memperbaiki celah MSM tersebut pada bulan Desember 2020, dan patch keamanan selanjutnya yang diklaim mampu menyelesaikan permasalahan.

Anehnya, tidak tersedia informasi pada buletin keamanan Android yang menyebutkan perbaikan bug. Informasi yang beredar menyebut Google akan secara terbuka menyampaikan perbaikan eksploit ini di patch keamanan bulan Juni. 

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id