Pernyataan Resmi Mengenai GoTo, Merger Gojek dan Tokopedia

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Mei 2021 13:28 WIB
    Pernyataan Resmi Mengenai GoTo, Merger Gojek dan Tokopedia
    Ilustrasi. (GoTo)



    Jakarta: Medcom.id akhirnya menerima pernyataan resmi pertama dari Grup GoTo yang merupakan entitas baru hasil merger Gojek dan Tokopedia. Di dalam email yang diterima berisi informasi resmi bersama kedua startup sukses karya anak bangsa.
     
    Pembentukan Grup GoTo diklaim sebagai grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian. Di sini dikombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan.

    Andre Soelistyo dari Gojek akan memimpin GoTo sebagai CEO Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia sebagai Presiden GoTo. Sedangkan, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

     



    Selain tanggung jawab di tingkat grup, Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

    “Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya,” ujar Andre kepada Medcom.id.

    Grup GoTo juga mengklaim memiliki Total Gross Transaction Value (GTV) secara Grup lebih dari USD22 miliar pada tahun 2020 dan lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020. Data lainnya diklaim GoTo ada lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020 serta lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020.

    Mereka mengklaim memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) dan berkontribusi sebesar 2 persen kepada total PDB Indonesia. Negara ini memiliki PDB lebih dari USD 1 triliun, serta merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dengan total penduduk 270 juta.

    “Misi kami sejak awal adalah untuk selalu menciptakan dampak sosial dalam skala besar, termasuk memberikan kesempatan yang setara bagi pegiat UMKM lokal mengembangkan bisnisnya, dan di saat yang sama, memberi pengguna akses yang sama kepada barang dan jasa di seluruh penjuru negeri,” ungkap Co-founder dan CEO Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya.

    “Selain mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Grup GoTo akan memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh akses terhadap produk dan layanan berkualitas, kapan pun dan di mana pun,” pungkasnya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id