Zyrex Terima Pesanan 165 Ribu Laptop untuk Kebutuhan Nasional

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Juli 2021 10:41 WIB
    Zyrex Terima Pesanan 165 Ribu Laptop untuk Kebutuhan Nasional
    Laptop Zyrex.



    Jakarta: Beberapa waktu lalu Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengumumkan langkah untuk digitalisasi sekolah yaitu dengan menyediakan laptop ke seluruh jenjang pendidikan sekolah di Indonesia. Tentu saja proyek ini juga menggandeng produsen lokal yaitu Zyrex.

    Nama laptop Zyrex tentu tidak asing bagi pengguna setiap laptop di Indonesia. Merek lawas ini adalah satu dari sebagian kecil produsen laptop dalam negeri. Zyrex merupakan brand milik PT Zyrexindo Mandiri Buana.

     



    Di sebuah virtual conference, pihak Zyrex mengakui mereka sudah digandeng oleh Kemendikbud Ristek dan menerima pesanan 165 ribu unit laptop senilai Rp700 miliar. Pihak Zyrex langsung merespon dengan menata kembali kapasitas produksinya.

    “Zyrex telah menerima pesanan 165 ribu unit laptop senilai Rp700 miliar dari dua distributor kami dan siap memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri senilai Rp17 triliun sampai tahun 2024,” ungkap Corporate Secretary Zyrex, Evan Jordan.

    Dia menyebutkan Zyrex sudah menambahkan empat lini perakitan baru di pabriknya sehingga total ada delapan lini produksi yang diklaim mampu memproduksi 430 ribu laptop per tahun. Zyrex sendiri mengejar target untuk menyediakan 8.000 laptop yang akan dikirim ke semua sekolah di Indonesia sebelum Desember mendatang.

    “Kami sanggup memproduksi total 317.000 Laptop sehingga masih bisa menyuplai kebutuhan di DAK (Dana Alokasi Khusus) di tingkat provinsi, kabupaten dan kota,” tambahnya. Bukan cuma pemerintah pusat, pemerintah di tingkat provinsi juga dilaporkan melakukan pengadaan laptop menggunakan dana alokasi khusus.

    Di bulan April, Zyrex sudah berhasil meningkatkan TKDN atau persentase komponen produksi lokal mereka hingga 43 persen. Zyrex juga sempat meluncurkan program Satu Siswa, Satu Laptop untuk memudahkan pelajar sekolah memiliki laptop yang kebutuhannya semakin terasa di tengah kondisi pandemi dengan penerapan school from home.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id