Apple Rilis macOS Monterey dengan Universal Control

    Lufthi Anggraeni - 08 Juni 2021 10:51 WIB
    Apple Rilis macOS Monterey dengan Universal Control
    Apple mengumumkan update untuk macOS berbekal sejumlah fitur khusus dan fitur pinjaman dari iPad dan iOS 15.



    Jakarta: Apple mengumumkan update untuk sistem operasi desktop karyanya, macOS 13 Monterey. Update ini hadir dengan sejumlah fitur baru, beberapa di antaranya hanya tersedia di macOS dan fitur lain telah tersedia pada iOS dan iPadOS 15.

    Salah satu fitur utama yang diusung oleh macOS Monterey adalah Universal Control. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengendalikan iPad dengan keyboard dan mouse atau trackpad dari perangkat Mac.

     



    Pengguna kemudian dapat mengarahkan kursor mouse ke seluruh bagian layar Mac dan iPad, serta melakukan gestur drag and drop pada dokumen yang tersimpan di perangkat tersebut. Selain itu, macOS juga dilengkapi dengan fitur AirPlay to Mac.

    Dengan fitur tersebut, pengguna dapat memutar audio dan video AirPlay dari iPhone atau iPad ke Mac, layaknya kemampuan yang juga dapat ditemukan saat menghubungkan Mac dengan Apple TV.

    Hal ini memungkinkan pengguna menggunakan layar Mac untuk menampilkan video atau presentasi dari ponsel atau juga menyiarkan audio yang diputar dari ponsel. macOS Monterey juga berbekal Safari dengan tampilan desain baru.

    Safari berdesain baru ini hadir dengan tab baru yang mengintegrasikan alamat dan kotak pencarian dengan tab aktif, dan tab grup untuk menjaga tab yang sering diakses tersusun dalam grup khusus.

    Safari juga dapat secara mulus menyesuaikan warna antarmuka pengguna (UI) dengan desain webpage saat ini. macOS Monterey juga didukung oleh fitur Shortcuts, fitur yang pertama kali diperkenalkan Apple di iPhone.

    Serupa iPhone, Mac juga kini dapat mengotomatisasi tugas yang kerap dilakukan dan pengguna dapat meluncurkannya dengan satu klik. Sistem operasi (OS) ini hadir dengan rangkaian tindakan bawaan dan pengguna dapat menciptakan antarmuka sederhana karya mereka.

    Selain itu, pengguna juga dapat mengimpor alur kerja yang telah tersedia dari Automator ke Shortcuts atau sekadar melanjutkan untuk menggunakan Automator. Shortcuts kini terintegrasi ke seluruh OS sehingga pengguna akan dapat meluncurkan workflow dari mana saja, termasuk Siri.

    macOS Monterey juga mendapatkan banyak fitur baru yang sebelumnya dapat pengguna temukan di iOS dan iPadOS 15. Fitur ini termasuk perubahan baru yang diterapkan Apple pada FaceTime, termasuk audio spasial, menjadikan suara lawan bicara berasal dari posisi di tampilan layar.

    Isolasi suara juga memungkinkan pengguna mengeliminasi gangguan suara dari latar belakang, sedangkan Wide Spectrum akan memungkinkan suara ambient terdengar. Mode Portrait baru akan secara otomatis memburamkan latar belakang pengguna.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id