NASA Bantu Kembangkan Teknologi Perjalanan ke Bulan dan Mars

    Lufthi Anggraeni - 01 Agustus 2019 18:33 WIB
    NASA Bantu Kembangkan Teknologi Perjalanan ke Bulan dan Mars
    NASA membantu sejumlah perusahaan untuk mengembangkan teknologi perjalanan luar angkasa.
    Jakarta: NASA mengumumkan kerja sama baru dengan sejumlah organisasi dirgantara, untuk mengembangkan teknologi lebih canggih terkait dengan pendaratan di planet lain, navigasi ke permukaan bulan, mengirimkan bahan bakar di luar angkasa, dan lainnya.

    Sebanyak 13 perusahaan yang berhasil mengantongi 19 kerja sama dengan NASA melalui inisiatif Announcement of Collaborative Opportunity (ACO) milik badan antariksa Amerika Serikat ini, seperti laporan The Verge.

    Pada bulan Oktober lalu, NASA mengumumkan penerimaan proposal dari industri dan meminta mereka merincikan teknologi yang ingin dikembangkan melalui program ACO. Kini, perusahaan terpilih dapat memanfaatkan bantuan ahli dan sumber daya yang disediakan oleh sejumlah kantor pusat NASA.

    Hal ini bertujuan untuk membantu perusahaan mematangkan teknologi ruang angkasa tanpa perlu mengeluarkan biaya. Salah satu perusahaan terpilih tersebut adalah Blue Origin milik bos besar Amazon, Jeff Bezos.

    Blue Origin berhasil mengantongi tiga kerja sama pengembangan teknologi pada program ACO. Blue Origin baru-baru ini mengungkapkan konsep perangkat pendaratan bertajuk Blue Moon, bertujuan untuk mengirimkan manusia ke permukaan bulan.

    Kini, Blue Origin akan mengembangkan sistem baru menyoal navigasi dan pendaratan di Bulan dengan bantuan NASA, serta menguji bahan baru yang dapat digunakan pada mesin perangkat pendaratannya di Bulan.

    Perusahaan ini juga menyebut akan mengembangkan sistem daya baru untuk membantu perangkat pendaratan Blue Moon karyanya tetap terbang dan berfungsi selama waktu malam Bulan. Sebagai informasi, waktu malam di Bulan merupakan periode satelit Bumi ini berada dalam kondisi tanpa cahaya serta bersuhu minus 173 derajat Celcius selama dua minggu.

    Selain Blue Origin, SpaceX juga menjadi salah satu perusahaan lain yang bekerja sama dengan NASA melalui program ACO, untuk mengembangkan teknologi penting bagi roket Starship terbarunya.

    Roket Starship baru ini masih dikembangkan SpaceX sehingga memiliki kemampuan untuk membawa kargo dan manusia ke luar angkasa. Kerja sama ini membantu SpaceX menemukan cara terbaik untuk mendaratkan roket berukuran besar seperti Starship di Bulan.

    Bantuan NASA ini juga memungkinkan SpaceX mempelajari kuantitas debu di permukaan Bulan yang mungkin akan naik akibat pendaratan roket tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id