LIPI Siap Gelar Pameran Sains Keempat Tahun ini

    Lufthi Anggraeni - 11 Maret 2019 16:15 WIB
    LIPI Siap Gelar Pameran Sains Keempat Tahun ini
    Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan kesiapan menggelar Indonesia Science Expo 2019.
    Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan kesiapan untuk menggelar ajang pameran ilmu pengetahuan tahunannya pada tahun 2019, Indonesia Science Expo 2019, dengan tema Today and Beyond.

    “Kegiatan ini bukan ditujukan sebagai milik LIPI, tapi komunitas ilmiah di Indonesia. Dengan ajang ini, LIPI ingin mengajak komunitas di Indonesia untuk memamerkan karya ilmiahnya. Dan LIPI juga ingin ajang ini jadi sarana untuk meningkatkan literasi science di kalangan masyarakat,” ujar Kepala LIPI Dr. Laksana Tri Handoko.

    Acara ini, jelas Handoko, juga ditujukan untuk membangkitkan minat anak muda terhadap ilmu pengetahuan dan dunia penelitian. Pemilihan tema Today and Beyond pada gelaran acara tahun ini disebut selaras dengan pesan yang ingin disampaikan oleh LIPI.

    Sebab LIPI bertujuan untuk menjadikan ilmu pengetahuan sebagai landasan dan modal dasar untuk masa depan yang lebih baik secara berkelanjutan.

    Bersamaan dengan gelaran ajang ISE 2019, LIPI turut menghelat kompetisi ilmiah remaja internasional, International Exhibition of Young Inventor (IEYI).

    Selain konferensi ilmiah dan nasional, lokakarya teknis, ISE 2019 juga akan menghadirkan ajang edukasi ilmiah untuk publik seperti Science Show, Science Art dan Science Movie. Ajang ISE 2019 akan diselenggarakan 23-26 Oktober mendatang di Indonesia Convention Exhibition BSD, Serpong.

    Sementara itu, dengan menggandeng Media Group, induk perusahaan Metro TV dan Medcom.id, Handoko berharap jumlah pengunjung ajang ini akan meningkat setidaknya tiga kali lipat jika dibandingkan dengan acara tahun lalu.

    Ajang ini juga ditujukan untuk mendorong kemunculan peneliti sebagai ikon, guna mendorong minat dan ketertarikan anak muda untuk menjadi peneliti. Hal ini dinilai Direktur Pemberitaan sekaligus Pemimpin Redaksi Metro TV Don Bosco Selamunpenting dilakukan di tengah gempuran budaya pop yang tengah terjadi khususnya di Indonesia.

    Gempuran budaya pop ini turut menjadi tantangan bagi media, terlebih karena bidang ilmu pengetahuan ini dinilai kurang menarik dan seksi bagi masyarakat, sehingga media harus lebih kreatif dalam pengemasan acara, sehingga mampu menarik perhatian masyarakat.

    Menimbulkan minat masyarakat, terutama generasi milenial yang mendominasi demografi saat ini, disebut Don Bosco, memerlukan figur nyata dan kisah sukses. Sebab jika tidak dikomunikasikan dan ditampilkan, hanya sedikit yang akan mengetahui dan terinspirasi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id