comscore

2024, Kominfo Targetkan 50 Juta Masyarakat Terjangkau Literasi Digital

Rosa Anggreati - 31 Desember 2021 10:14 WIB
2024, Kominfo Targetkan 50 Juta Masyarakat Terjangkau Literasi Digital
Masifnya penggunaan internet, terutama pada masa pandemi covid-19, mendorong Kominfo untuk meningkatkan literasi digital masyarakat (Foto:MI/Susanto)
Jakarta: Masifnya penggunaan internet, terutama pada masa pandemi covid-19, mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk meningkatkan literasi digital masyarakat.

Kominfo menilai masyarakat wajib diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang dunia internet dan teknologi informasi (literasi digital) sebagai salah satu upaya meningkatkan kesadaran menjaga privasi informasi dan keamanan siber di Tanah Air. 
Hal ini sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang mengamanatkan agar pemerintah melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan informasi dan transaksi elektronik. Amanat tersebut dilaksanakan melalui edukasi dan literasi masyarakat melalui Gerakan Nasional Literasi Digital.

Kominfo menargetkan 12,4 juta masyarakat di 514 kabupaten dan kota di 34 provinsi setiap tahunnya dapat terjangkau literasi digital, sehingga diharapkan pada 2024 tercapai target total akumulasi 50 juta masyarakat.

Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan ketahanan terhadap ancaman negatif internet, salah satunya ancaman keamanan siber. 

Seperti diketahui, penjahat siber seringkali memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat tentang dunia digital untuk menyerang perangkat yang digunakan dan mencuri data. 

Kominfo sebagai garda terdepan telah melakukan literasi digital dengan berbagai mitra dalam memimpin upaya nasional  mempercepat transformasi digital dengan membangun talenta digital Indonesia. 

Gerakan Nasional Literasi Digital berlangsung di tengah peningkatan pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan hasil riset We Are Social pada Januari 2021, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta. Angka tersebut meningkat sebanyak 37 juta pengguna baru dibandingkan tahun sebelumnya, dengan 170 juta pengguna aktif media sosial, dan rata-rata mengakses gawai hingga 8 jam, 52 menit setiap hari.

Literasi digital merupakan salah satu pilar penting dalam agenda transformasi digital, terutama di tengah kondisi bangsa yang kini tengah mengalami pandemi covid-19. 

"Kondisi ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk mendorong percepatan transformasi digital Indonesia. Maka dari itu kehadiran program semacam ini menjadi krusial dalam upaya kita untuk memastikan bahwa masyarakat kita memiliki bekal literasi digital untuk mengadopsi teknologi digital dengan aman, beretika, berbudaya dan bermanfaat," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan.

(ROS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id