Pandemik Covid-19 Ubah Perilaku Online Masyarakat Indonesia

    Lufthi Anggraeni - 12 September 2020 11:17 WIB
    Pandemik Covid-19 Ubah Perilaku Online Masyarakat Indonesia
    Riset Lifepal mengindikasikan perubahan perilaku masyarakat Indonesia di ranah online selama pandemi.
    Jakarta: Pandemik Covid-19 mengubah perilaku masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan dunia maya, seperti yang dilaporkan oleh hasil penelitian Lifepal. Riset ini mencatat penurunan kunjungan drastis ke situs penyedia jasa perjalanan seiring meningkatnya penyebaran virus corona di tanah air.

    Sebagai informasi, Lifepal melakukan riset data traffic terhadap sejumlah situs penyedia jasa dengan kategori industri travel, belanja online, kesehatan, broker asuransi, dan lowongan pekerjaan. Lifepal menyebut mendapatkan hasil bervariasi antara satu kategori industri dengan lainnya.

    Lifepal menyebut bahwa sejak bulan April 2020, trafik situs penyedia jasa perjalanan mulai mencatatkan pertumbuhan kunjungan, namun masih mengalami penurunan tren.  Dan berdasarkan penelitian Lifepal pada tiga situs ticketing yang dijadikan sampel, trafik bulan agustus 2020 berkurang sekitar 48 persen jika dibandingkan dengan bulan Februari 2020.

    Untuk industri jasa perjalanan, Lifepal menjadikan Traveloka, Tiket, dan PegiPegi sebagai sampel. Tidak hanya pada situs jasa perjalanan, tren serupa juga ditemukan riset ini pada situs pencarian lowongan pekerjaan.

    Situs tersebut dilaporkan mengalami perbaikan kondisi sejak bulan Juni lalu, meski lalu lintasnya belum kembali ke kondisi sebelum pandemi. Hal ini dinilai Lifepal bertolak belakang dengan kenyataan terkait kehilangan pekerjaan yang dialami masyarakat sebagai dampak dari pandemi.

    Lima situs pencari kerja yang dijadikan sampel oleh Lifepal yaitu Id.Indeed.com, Jobstreet.co.id, JobsDB, Urbanhire, dan Karir.  Selain itu, riset ini juga menunjukan bahwa trafik ke situs broker asuransi mengalami peningkatan, berlawanan dengan trafik ke situs kesehatan dengan tren menurun.

    Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat memilih untuk mencegah daripada mengobati. Hasil riset Lifepal lainnya menunjukkan bahwa trafik situs asuransi selama bulan Juni 2020 mengalami pertumbuhan sebesar 23,7 persen dibandingkan dengan pendapatan di bulan Juni 2019.

    Sebagai informasi, situs kesehatan yang dijadikan Lifepal sebagai sampel menawarkan berbagai jasa termasuk konsultasi dokter via online, pemesanan obat-obatan, penebusan resep dan pengiriman obat, hingga artikel-artikel berisi informasi kesehatan dan penyakit.

    Lima situs kesehatan yang sebagai sampel yaitu Alodokter, Doktersehat, Klikdokter, Halodoc, Hellosehat, SehatQ. Selain itu, penelitian ini juga menyebut bahwa grafik pada situs belanja online menunjukan tren peningkatan sejak Februari 2020 sampai Agustus 2020.

    Pada ranah ini, riset tersebut mencatat pertumbuhan sekitar 21,6 persen selama tujuh bulan terakhir. Lifepal menjadikan lima situs belanja online sebagai sampel yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id