Akibat Jumlah Pengguna Mentok, Netflix Jangkau Industri Game

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Juli 2021 16:08 WIB
    Akibat Jumlah Pengguna Mentok, Netflix Jangkau Industri Game
    Ilustrasi. (Ars Technica)



    Jakarta: Beberapa minggu belakangan beredar rumor bahwa Netflix berencana menjangkau industri game lebih agresif dari biasanya. Apabila selama ini mereka beberapa kali membuat tayangan orisinal adaptasi game, kini Netflix bakal langsung terjun dalam menyediakan konten game.

    Diketahui bahwa Netflix dikabarkan bakal menyediakan layanan streaming game bahkan rumornya sudah menggandeng pihak Sony PlayStation. Namun kini mulai terungkap bahwa Netflix akan lebih dulu fokus ke platform game mobile dibandingkan konsol.

     



    Kabar mengenai rencana tersebut kini semakin jelas setelah beredarnya informasi dari laporan pendapatan Netflix di kuartal kedua (Q2) tahun 2021 yang diterima oleh pemegang saham. Di sini terungkap alasan sebenarnya Netflix menyentuh industri game.

    Kondisi jumlah pengguna Netflix yang mentok alias pertumbuhannya tidak cukup besar pada kuartal kedua tahun 2021 dibandingkan kuartal pertama ternyata membuat Netflix harus memutar otak mencari strategi lain.

    Dikutip dari Engadget, tahun 2020 menjadi puncak pertumbuhan pengguna Netflix yang signifikan akibat kondisi pandemi yaitu mencapai 16 juta pengguna baru dalam kurun waktu tiga bulan. Sesuai dengan prediksi, pertumbuhan pengguna baru di tahun 2021 mulai melambat alias rendah.

    Pada kuartal kedua tahun 2021 jumlah penggunanya mencapai 1,5 juta pelanggan, angka tersebut memang melampaui target yang dibuat yaitu sekitar satu juga pelanggan. Namun di kuartal pertama tahun ini Netflix sempat mengantongi 3,98 juta pengguna baru di skala global.

    “Kami melihat gaming sebagai kategori konten baru, serupa dnegan ekspansi kami ke film orisinal, animasi dan unscripted TV,” tulis pihak Netflix dalam surat yang diterima pemegang saham.

    Netflix meramalkan bahwa di kuartal ketiga tahun ini bisa memperoleh 3,5 juta pelanggan baru, meningkat 2,2 juta dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu. Netflix sendiri disebut akan berfokus ke game yang interaktif di mobile, kemungkinan masih akan berkaitan dengan konten film atau serial buatannya.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id