comscore

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 778G

Lufthi Anggraeni - 20 Mei 2021 08:21 WIB
Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 778G
Qualcomm meluncurkan chipset terbarunya, yaitu Snapdragon 778G.
Jakarta: Pada bulan Maret lalu, Qualcomm meluncurkan chipset Snapdragon 780G 5nm, dan kini perusahaan asal Amerika Serikat ini menghadirkan versi lebih rendah dari chipset tersebut, bertajuk Snapdragon 778G.

Mengutip GSM Arena, perbedaan antara Snapdragon 780G dan 778G yaitu bahwa Snapdragon 778G dibangun berdasarkan node 6nm milik TSMC, alih-alih node 5nm milik Samsung yang ditemukan pada Snapdragon 780G.
Chipset Snapdragon 778G ini berbekal CPU Kryo 670 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 642L dan ISP Spectra 570L. Chipset ini juga didukung oleh Modem-RF 5G Snapdragon X53, diklaim mampu menyuguhkan dukungan konektivitas mmWave dan sub-6 5G.

Seentara itu, tiga ISP Qualcomm dilaporkan memungkinkan pengguna untuk memotret dan merekam video dari kamera wide, ultrawide dan telefoto secara simultan. Chipset Snapdragon 778G ini diperkirakan mendukung perangkat kelas menengah dari Honor, IQOO, Motorola, Oppo, Realme, dan Xiaomi pada akhir tahun 2021 ini.

Sebelumnya, Qualcomm dilaporkan tengah mengembangkan konsol game yang dapat digenggam dan berbasis Android serupa Nintendo Switch. Perangkat ini berpeluang untuk didukung oleh chipset silikon karya Qualcomm, dan akan dipasarkan mulai tahun 2022.

Menurut artikel yang dimuat di XDA Developers, dan didukung gambar dari Android Police, perangkat ini akan berbekal pengendali serupa Joy-Con dapat dilepas, slot kartu SD, menggunakan sistem operasi Android 12, dan didukung jaringan 5G.

Sementara itu, Laporan baru dari perusahaan keamanan Check Point Research, Qualcomm Mobile Station Modem (MSM) dapat dieksploitasi oleh peretas dan digunakan untuk merekam panggilan telepon dan lainnya.

Dengan demikian, peretas akan dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk menyisipkan kode berbahaya ke dalam mode dari perangkat Android. Kode ini memungkinkan pelaku tindak kejahatan untuk mendengarkan panggilan, membaca pesan teks.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id