Kekurangan Chip Global Berdampak pada Produksi iPad dan MacBook

    Lufthi Anggraeni - 09 April 2021 08:49 WIB
    Kekurangan Chip Global Berdampak pada Produksi iPad dan MacBook
    Produksi MacBook dan iPad alami keterlambatan akibat kekurangan pasokan komponen.



    Jakarta: Apple belum terkena dampak dari kekurangan komponen global yang tengah terjadi. Namun Nikkei melaporkan bahwa sejumlah produksi MacBook dan iPad mengalami keterlambatan, dengan porsi pemesanan komponen ditunda ke semester dua tahun 2021.

    Permasalahan yang dialami MacBook dilaporkan terkait dengan kemampuan untuk memasang komponen tertentu pada papan sirkuit sebelum perakitan perangkat, seperti yang dikutip oleh The Verge.






    Sementara itu, keterlambatan produksi iPad diperkirakan karena kekurangan layar dan komponen layar. Pada awal pekan ini, Bloomberg melaporkan pasokan driver layar berjumlah sedikit menyebabkan penyendatan di seluruh industri teknologi.

    Nikkei tidak mengungkap model iPad dan MacBook yang akan terdampak, atau produksi yang penundaan diperuntukan bagi perangkat yang telah dipasarkan atau perangkat terbaru yang belum diumumkan.

    Apple diperkirakan untuk meluncurkan iPad Pro versi baru pada tahun 2021, serta melanjutkan transisi untuk menggunakan prosesor karyanya di seluruh lini Mac. Analis Ming-chi Kuo baru-baru ini mengungkap bahwa iPad pro 12,9 inci baru dengan layar Mini LED akan diproduksi secara massal pada bulan April ini.

    Produksi iPhone disebut hingga saat ini belum terdampak, meski dua sumber menggambarkan pasokan komponen mulai menipis. Nikkei menyebut bahwa kekurangan komponen masih menjadi masalah rantai pasokan untuk Apple, dan belum berdampak pada ketersediaan produk.

    Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyebut bahwa teknologi Augmented Reality sangat penting bagi masa depan Apple. Cook juga menyebut bahwa teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan performa percakapan.

    Cook mengungkap bahwa dirinya membayangkan AR digunakan pada bidang kesehatan, pendidikan, ritel dan gaming. Cook mengaku telah menemukan manfaat AR di bidang tersebut melalui penggunaan ponsel.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id