Samsung Display Tambah Pasokan Panel OLED untuk iPhone

    Lufthi Anggraeni - 23 Oktober 2019 08:20 WIB
    Samsung Display Tambah Pasokan Panel OLED untuk iPhone
    Samsung Display mengapalkan lebih banyak panel OLED untuk iPhone dari prediksi sebelumnya.
    Jakarta: Apple dan Samsung Display merupakan salah satu contoh perusahaan dengan hubungan yang kurang baik, namun tetap dapat bekerja sama dengan baik. Sebab Samsung Display masih menjadi pemasok utama untuk panel OLED iPhone.

    Samsung Display dilaporkan akan mengapalkan lebih banyak unit panel layar OLED untuk iPhone, jika dibandingkan dengan prediksi sebelumnya. Bergantung pada volume di bulan Desember, total unit panel yang akan dikapalkan Samsung Display berkisar antara 40 hingga 50 juta panel.

    Anak perusahaan raksasa teknologi asal Korea Selatan ini mengapalkan sebanyak 90 persen panel OLED yang digunakan di iPhone, termasuk panel yang digunakan oleh iPhone 11. Sementara itu, LG Display memasok sebanyak tujuh hingga delapan juta panel untuk iPhone 11 Pro Max.

    Menariknya, prediksi pada bulan September awalnya hanya berjumlah 6,9 juta, namun akibat permintaan tinggi untuk model di iPhone 11 Pro baru, Samsung Display meningkatkan pengapalan sebesar 40 persen.

    Hal ini berbanding terbalik jika dibandingkan dengan jumlah panel yang dikapalkan pada awal tahun 2019 ini. Durasi tersebut merupakan periode dengan permintaan terlemah untuk generasi iPhone XS, mengakibatkan pemangkasan pemesanan dari Apple.

    Pemangkasan ini menyebabkan Samsung Display mengalami kerugian operasional mencapai USD478 juta (Rp6,7 triliun) pada Q1. Pada Q2, Samsung Display melaporkan keuntungan sebesar USD641 juta (Rp8,9 triliun), sebagian besar berkat reimbursement dari Apple akibat tidak mencapai target penjualan.

    Untuk lini iPhone 11, Apple menggandeng sejumlah pemasok panel layar LCD yaitu JDI, LG Display, dan Sharp. Seluruh model smartphone Apple keluaran tahun 2020 diperkirakan beralih ke panel OLED, meski iPhone SE generasi kedua tetap akan menggunakan panel LCD.

    Sebelumnya, Samsung Galaxy Fold kini telah tersedia untuk dibeli di sejumlah wilayah di seluruh dunia. Namun sejauh ini, wilayah tersebut baru dapat membeli smartphone unggulan Samsung ini melalui program pre-order.

    Mulai tanggal 21 Oktober 2019 lalu, konsumen di wilayah Korea Selatan telah dapat membeli Samsung Galaxy Fold di toko ritel fisik resmi Samsung atau toko ritel mitra perusahaan raksasa teknologi tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id