Hari Santri Nasional, Aplikasi Religi KESAN Rilis di iOS

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Oktober 2019 14:14 WIB
    Hari Santri Nasional, Aplikasi Religi KESAN Rilis di iOS
    CEO KESAN, Hamdan Hamedan.
    Jakarta: Aplikasi religi buatan lokal yaitu KESAN ( Kedaulatan Santri) dari PT Kesan Digital Nusantara membagikan informasi terbaru. Mereka akan merilis aplikasi ini di platform iOS pada Hari Santri Nasional yang diperingati besok Selasa, 22 Oktober 2019.

    Diketahui aplikasi religi yang sudah melakukan soft launch di Android lebih dulu di bulan Mei lalu kini diklaim sudah memiliki banyak pengguna. Aplikasi KESAN diklaim sudah diunduh lebih dari 25 ribu kali sejak soft launch. Penggunanya tersebar dari Sabang hingga Merauke.

    CEO KESAN, Hamdan Hamedan menyebut aplikasi buatannya tidak hanya diakses secara rutin oleh santri, tapi masyarakat umum yang ingin menggali ilmu agama Islam lebih dalam.

    "Selain ada Alquran, Jadwal Salat, dan Arah Kiblat, KESAN menawarkan sesuatu yang khas di kalangan santri yaitu kumpulan Kitab Kuning, shalawat dan hadis harian," kata Hamdan.

    "Kami terus melakukan perbaikan dan peningkatan. Pada hari Santri besok, InsyaAllah, kami akan luncurkan KESAN di IOS. Dan pada bulan depan, InsyaAllah, akan kami hadirkan fitur Produk Santri sebagai wadah promosi UMKM mereka guna mendukung pemberdayaan ekonomi santri dan umat," tutur Hamdan.

    Pada saat soft launching bulan Mei lalu, Hamdan menyebutkan hasil riset dari timnya menemukan bahwa ketersediaan aplikasi keagaaman masih sangat sedikit dan belum komprehensif untuk kalngan santri.

    Dia menjelaskan aplikasi KESAN ini dirancang atas dasar pertimbangan tujuan untuk menemani santri, purna santri dan umat islam, serta membantu mengingatkan terkait ibadah yang dapat dilakukan di hari-hari tertentu.

    Berdasarkan riset ini, sebagian besar santri mengaku terganggu dengan kehadiran iklan yang muncul secara mendadak pada aplikasi yang mereka gunakan. Karenanya, aplikasi Kesan ini hadir tanpa iklan dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

    Saat diluncurkan, aplikasi KESAN menyediakan 19 jenis doa dan 36 jenis shalawat. Aplikasi ini juga berbekal kalendar Hijriah, dengan penanda warna pada setiap tanggal.

    Warna merah disebut menandai hari besar dalam agama Islam, sedangkan warna kuning menjadi pengingat bagi pengguna terkait amalan sunnah yang dilakukan di hari tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id