Gamer dan Penambang Kripto Rebutan, NVIDIA Rilis Kartu Grafis Khusus

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Februari 2021 16:41 WIB
    Gamer dan Penambang Kripto Rebutan, NVIDIA Rilis Kartu Grafis Khusus
    Ilustrasi.



    Jakarta: NVIDIA dibuat frustasi karena kartu grafis buatannya di pasar terjual habis bahkan tidak memenuhi permintaan. Produk yang sejatinya ditujukan bagi gamer malah habis diborong penambang atau mining aset kripto.

    Kini NVIDIA akhirnya menyatakan bakal merilis produk kartu grafis khusus untuk mining aset kripto. Di blog resminya mereka memperkenalkan seri bernama NVIDIA CMP (Crypto Mining Processor) yang bakal dirilis bersama NVIDIA GeForce RTX 3060 pada 25 Februari mendatang.






    "Produk CMP tidak akan melakukan pengolahan grafis dijual melalui mitra resi dan dioptimalkan untuk performa mining terbaik dan efisien. Produk ini tidak akan memiliki spesifikasi untuk GeForce GPU sehingga tidak akan berpengaruh ke ketersediaan untuk gamer," tulis NVIDIA.

    Jadi kartu grafis seri NVIDIA CMP tidak akan bisa digunakan untuk bermain game atau penggunaan biasa. Hal ini karena tidak tersedianya port untuk display output. Desain tersebut diklaim NVIDIA bisa membuat arsitektur lebih padat dan memiliki tingkat voltase rendah.

    Berbeda dari kartu grafis NVIDIA untuk penggunaan biasa atau gaming yang memiliki sejumlah fitur atau teknologi untuk mendukung rendering game secara real-time seperti NVIDIA DLSS AI dan ray-tracing serta NVIDIA Reflex.

    Langkah NVIDIA untuk menengahi kondisi pasar antar dua segmen konsumen ini dinilai tepat. Saat tren mining aset kripto baru mulai ramai beberapa tahun lalu, kartu grafis mulai langka.

    Kinerja tanpa henti membuat kartu grafis performa cepat turun dan oleh penambang dijual sebagai barang bekas. Kondisi tersebut juga membuat gamer kesulitan mendapatkan kartu grafis baru sekaligus merusak harga pasar.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id