Clubhouse Akhirnya Tersedia di Android, Masih Mau Coba?

    Cahyandaru Kuncorojati - 10 Mei 2021 12:37 WIB
    Clubhouse Akhirnya Tersedia di Android, Masih Mau Coba?
    Aplikasi Clubhouse.



    Jakarta: Setahun eksklusif di iOS alias iPhone kini aplikasi media sosial berbasis audio yang sempat viral yaitu Clubhouse resmi tersedia di Android. Tentu saja selisih waktu tersebut cukup lama, di Indonesia Clubhouse tidak lagi viral atau dibicarakan seperti beberapa bulan lalu.

    Kehadiran Clubhouse di Android dilaporkan masih dalam tahap Beta, jadi jangan heran apabila masih ada sedikit problem atau bug maupun tidak semulus seperti di iOS. Pengguna di Indonesia juga masih harus menunggu lagi sebab kehadirannya di Android masih terbatas untuk kawasan Amerika Serikat.

     



    “Rencana kami selama beberapa pekan ke depan adalah mengumpulkan feedback dari komunitas, memperbaiki masalah yang muncul dan menambahkan penyempurnaan pada sejumlah fitur seperti transaksi dan pembuatan club sebelum dirilis lebih luas lagi,” tulis pihak Clubhouse di blog resminya dikutip dari The Verge.

    Pengguna di luar Amerika Serikat bisa terlebih dahulu melakukan pre-register di Google Play Store. Meskipun tersedia di Android sebagai aplikasi gratis tapi Clubhouse tetap menerapkan sistem invite-only jadi tidak semua orang bisa langsung bergabung di aplikasi Clubhouse.

    Pihak Clubhouse mengklaim langkah ini bisa menjaga pertumbuhan aplikasi tersebut namun apakah pengguna Android di Indonesia masih berminat mencobanya? Beberapa waktu lalu dikabarkan kepopuleran Clubhouse sudah mulai merosot.

    Data yang beredar menyebut di awal tahun 2021 ketika Clubhouse sangat populer, aplikasi ini diunduh mencapai 8,6 juta kali pada Februari 2021, kini angkanya merosot hingga kisaran 900 ribu menurut firma riset SensorTower. Meskipun begitu retensinya diklaim kuat karena masih banyak pengguna yang menyimpan aplikasi ini atau tidak menghapusnya.

    Sejumlah aplikasi media sosial seperti Facebook dna Twitter sempat dibuat panik oleh kepopuleran Clubhouse. Mereka akhirnya ikut mengembangkan fitur audio-chat serupa, misalnya Twitter dengan Twitter Spaces.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id