Negosiasi Merger Tri dan Indonesia Sepakat Diperpanjang

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 April 2021 13:36 WIB
    Negosiasi Merger Tri dan Indonesia Sepakat Diperpanjang
    Ilustrasi.



    Jakarta: Kelanjutan proses merger dua operator seluler di Indonesia yaitu PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) dan PT Indosat Ooredoo dipastikan masih membutuhkan waktu. Kabar terbaru menyebutkan bahwa pemegang saham utama kedua perusahaan meminta waktu negosiasi lebih panjang.

    Informasi yang disampaikan menyatakan bahwa periode eksklusif negosiasi penggabungan kedua bisnis tersebut diperpanjang hingga 30 Juni 2021. Kedua pihak mengakui masih ada strata dan ketentuan kesepakatan yang masih harus diselesaikan.






    "Pemegang saham kami telah menyatakan mereka membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan negosiasi yang telah berlangsung dengan konstruktif ini," tulis CEO PT H3I, Cliff Woo.

    "Kedua belah pihak akan terus bekerja untuk menyelesaikan due diligence serta syarat dan ketentuan kesepakatan," tambahnya. Batas waktu ini memang berubah cukup jauh dari rencana sebelumnya yaitu 30 April 2021.

    Kabar mengenai kesepakatan merger antara dua operator seluler ini pertama kali disampaikan pada akhir Desember tahun lalu. Pemilik saham mayoritas Indosat, Ooredoo Q.P.S.C serta pemilik saham dari Tri Indonesia, CK Hutchison Holding Limited telah menandatangani nota kesepahaman. 

    Di dalamnya tertuang kebijakan bahwa baik Tri Indonesia maupun Indosat berkesempatan menjadi pemegang saham mayoritas dari entitas baru hasil merger keduanya yang saat ini masih belum terlihat bentuknya.

    Merger kedua operator seluler ditanggapi baik oleh pengamat maupun pihak pemerintah terutama Kementerian Kominfo terutama sejak masa Menkominfo Rudiantara beberapa tahun lalu ketika kabar merger mulai terdengar. Hal ini membuat efisiensi industri telekomunikasi karena penggunaan frekuensi untuk jaringan lebih optimal.

    Di sisi konsumen, pemerataan layanan menjadi lebih cepat dan menghindari perang tarif layanan yang di sisi lain membuat kualitas layanan kurang sempurna. Hal ini juga berkaca dari negara lain yang hanya memiliki beberapa saja penyedia telekomunikasi seluler.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id