Noctua Rambah Komponen Kipas Pendingin 5V

Cahyandaru Kuncorojati - 06 Juli 2018 13:37 wib
Kipas pendingin Noctua.
Kipas pendingin Noctua.

Jakarta: Produsen sistem pendingin asal Austria mengumumkan jajaran produk terbarunya yang kini merambah dengan voltase 5V dalam beragam ukuran yakni 200, 140, 120, 92, 80, dan 40mm.

Jajaran produk terbaru tersebut terdiri dari NF-A20, NF-A14, NF-A12x25, NF-F12, NF-A9, NF-A8 dan NF-A4x10 yang setiap unitnya hadir dengan varian model PWM 3-pin dan 4-pin. Ditambah, semau produk akan dibekali kabel USB power adaptor.

CEO Noctua, Roland Mossig menyebutkan bahwa permintaan produk kipas pendingin dari kalangan industri, 3D printing, dan penyedia layanan jaringan serta storage yang mencari produk kipas pendingan 5V tanpa suara bising.

"Beberapa tahun lalu, pasar kipas 5V masih sangat kecil tapi hari ini kami melihat banyak perangkat yang menggunakan jenis kipas 5V. Dengan menyediakan fitur PWM di produk kipas 5V maka Noctua bisa menyediakan perangkat yang sesuai kebutuhan tapi dengan fitur untuk menghasilkan kinerja yang tidak bising," ungkap Mossig.

Menurut Mossig, pemanfaatan fitur kabel USB power adapter membuat produk terbaru mereka ini mudah diimplementasikan pada perangkat elektronik. Kipas-kipas ini bisa terhubung dengan suplai daya lewat USB yang ada di powerbank maupun smartphone.

"Teknologi ini mempermudah kebutuhan sistem pendingin berbasis voltase 5V serta proses pemasangan yang mudah. Jadi kipas pendingin kami mampu dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari tidak hanya di perangkat elektronik," jelas Mossig.

Berbekal adapter OmniJoin milik Noctua maka proses pemasangan kipas pendingan 5V Noctua pada platform kipas pendingan 5V bisa langsung terintegrasi tanpa terjadinya polaritas terbalik yang bisa merusak aliran listrik perangkat.

Jajaran produk kipas 5V terbaru dari Noctua tadi dibanderol mulai dari rentang harga USD14,9 atau Rp200 ribu hingga USD29,9 atau Rp430 ribu. Noctua menjamin bahwa produknya memiliki usia yang panjang yakni hingga penggunaan 150 ribu jam dengan garansi enam tahun.
(MMI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.