Pendapatan Xiaomi Naik, Bukan dari Smartphone

    Lufthi Anggraeni - 29 November 2019 13:27 WIB
    Pendapatan Xiaomi Naik, Bukan dari Smartphone
    Xiaomi rilis laporan keuangan kuartal ketiga tahun 2019, dengan penurunan pendapatan di bisnis smartphone.
    Jakarta: Xiaomi merilis laporan keuangan untuk kuartal ketiga tahun 2019, mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 5,5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018, sebesar CNY53,7 miliar (Rp107,7 triliun).

    Xiaomi juga melaporkan bahwa perusahaannya memperoleh keuntungan bersih sebesar CNY3,47 miliar (Rp6,94), selaras dengan perkiraan analis.

    Namun, pendapatan Xiaomi pada lini bisnis smartphone mengalami penurunan sebesar delapan persen menjadi CNY32,3 miliar (Rp64,6 triliun) pada kuartal yang berakhir pada tanggal 30 September ini.

    Selama kuartal ketiga 2019 lalu, Xiaomi menjual sebanyak 32,1 juta unit ponsel, satu juta lebih sedikit jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2018 lalu. Sementara itu, Xiaomi dilaporkan mengandalkan pasar di luar Tiongkok untuk menutupi penurunan penjualannya di negara asalnya.

    Menurut Xiaomi, performa keuangannya yang baik tersebut dapat dicapai oleh perusahaannya antara lain karena optimalisasi pada portofolio produk, posisi yang kuat di segmen mid-to-high dan keuntungan dari strategi multi-brand, serta peningkatan revenue yang luar biasa dari lini bisnis Xiaomi di luar negeri.

    Hingga saat ini, investor Xiaomi kurang terkesan dengan upaya perusahaan berjuluk Apple dari Timur tersebut. Hal ini menyebabkan harga saham Xiaomi mengalami penurunan hampir sepertiga pada tahun 2019 ini.

    Perlambatan performa Xiaomi di Tiongkok disebabkan oleh dukungan masyarakat yang kini dititikberatkan pada Huawei, karena perusahaan teknologi tersebut tengah mengalami tekanan dari Amerika Serikat.

    Xiaomi juga tengah mempersiapkan diri untuk secara agresif menghadirkan perangkat dengan dukungan konektivitas jaringan 5G pada tahun 2020 mendatang, mengingat jaringan ini telah tersedia di seluruh wilayah di Tiongkok.

    Saat ini, Xiaomi telah merilis dua smartphone berkonektivitas 5G, satu model di pasar Eropa dan satu lainnya di pasar Tiongkok. Dan pada bulan Oktober lalu, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkap bahwa perusahaannya akan merilis lebih dari 10 ponsel 5G berharga terjangkau pada tahun depan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id