AWS Bakal Bangun Infrastruktur di Indonesia

    Lufthi Anggraeni - 04 April 2019 17:36 WIB
    AWS Bakal Bangun Infrastruktur di Indonesia
    AWS mengumumkan akan menghadirkan region infrastruktur di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022.
    Jakarta: Amazon Web Service Inc. (AWS) mengumumkan rencananya untuk menghadirkan region infrastruktur di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022. Region AWS Asia Pacific Region yang akan berlokasi di Jakarta ini akan terdiri dari tiga Availability Zone.

    “Membuka AWS Region di Indonesia akan mendukung ekosistem startup yang tumbuh pesat, perusahaan besar dan badan pemerintah dengan membantu menciptakan lebih banyak pekerjaan dan perusahaan di sektor teknologi,” ujar Managing Director Amazon Web Service  Asia Pacific Ed Lenta.

    Selain itu, kehadiran Region ini diharapkan AWS untuk dapat mendukung ekonomi nasional dan membantu perusahaan terkait dengan efisiensi biaya, serta meningkatkan kelincahan dan meningkatkan fleksibilitas.

    Tiga Availability Zone ini diklaim AWS akan ditempatkan secara terpisah dan terhubung dengan jaringan alternatif berlatensi rendah, serta pasokan daya dan keamanan fisik. Latensi rendah ini sesuai untuk aplikasi dengan tuntutan ketersediaan tinggi.

    Hal ini memungkinkan pelanggan AWS dengan fokus pada ketersediaan tinggi dapat merancang aplikasi agar dapat berjalan di sejumlah zona tersebut sehingga meminimalisir masalah pada aplikasi atau fault-tolerance.

    Kehadiran Region ini diharapkan akan dapat memungkinkan startup hingga perusahaan besar sektor publik memanfaatkan infrastruktur di dalam negeri, dan menikmati teknologi yang disediakan Amazon Web Service.

    Kehadiran Region AWS di Jakarta ini merupakan region AWS ke-9 di Asia Pasifik, setelah sebelumnya tersedia di Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, dan Tokyo. AWS juga akan segera menghadirkan layanannya ini di Hong Kong.

    Tidak hanya untuk pengguna di Indonesia, AWS juga menyebut Region Jakarta ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain di negara sekitar Indonesia, termasuk Malaysia atau Filipina.

    Kehadirannya turut menjadi dukungan AWS terhadap revolusi industri 4.0 yang tengah digencarkan di berbagai negara terutama di Indonesia.

    Region Jakarta ini juga merupakan kelanjutan dari investasi yang digelontorkan AWS di Indonesia. Pada tahun lalu, AWS telah membuka kantor perwakilannya di Jakarta dan merekrut tim teknisi lokal, serta melatih lebih dari 5000 orang terkait dengan teknologi AWS via program AWS Educate dan AWS Training Certification.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id