Facebook Larang Aplikasi Kuis Kepribadian

    Ellavie Ichlasa Amalia - 26 April 2019 13:47 WIB
    Facebook Larang Aplikasi Kuis Kepribadian
    Facebook blokir aplikasi kepribadian. (Photo by Lionel BONAVENTURE / AFP)
    Jakarta: Facebook melarang aplikasi kuis kepribadian, yang selama bertahun-tahun bisa mengumpulkan dan menyimpan informasi tentang pengguna mereka.

    Keputusan ini diambil satu tahun sejak skandal Cambridge Analytica. Perusahaan data itu berhasil mendapatkan data dari 87 juta pengguna Facebook melalui aplikasi kuis "thisisyourdigitallife". 

    Masalah sebenarnya bukanlah pada aplikasi kuis kepribadian. Memang, membuat kuis adalah cara paling mudah bagi developer untuk mengumpulkan informasi pribadi dalam jumlah banyak -- karena pengguna biasanya diminta untuk setuju memberikan data mereka sebelum bisa ikut dalam kuis -- tapi masalah utamanya ada pada Facebook, yang membiarkan developer untuk mengumpulkan informasi dari teman dari teman pengguna.

    Facebook tidak pernah menegakkan peraturan mereka bahwa data harus disimpan dengan aman dan tidak boleh disalahgunakan. Dan Facebook membiarkan praktek ini selama bertahun-tahun, lapor The Verge

    Larangan kuis kepribadian merupakan bagian dari usaha Facebook untuk menentukan data apa saja yang bisa developer akses.

    Satu hal lain yang Facebook lakukan adalah mengunci beberapa API lama untuk mengakses data pengguna. Tujuannya adalah untuk mencegah developer mengakses data pengguna jika sang pengguna telah tidak menggunakan aplikasi buatan developer selama 90 hari. 

    Tahun lalu, Facebook mengumumkan beberapa perubahan yang mereka lakukan. Mereka ingin agar data pengguna mereka tidak disalahgunakan. Beberapa perubahan yang mereka lakukan, seperti batasan akses data pengguna, akan diberlakukan secara paksa. 

    Memang, Facebook tidak menyebutkan bahwa alasan mereka melarang keberadaan aplikasi kepribadian adalah karena skandal Cambridge Analytica. Mereka menyebutkan, mereka akan menghapuskan aplikasi yang hanya memiliki sedikit keuntungan dari platform mereka. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id