comscore

Peneliti: Perangkat Wearable Kurang Andal soal Pelacakan Kalori

Lufthi Anggraeni - 16 Mei 2022 14:56 WIB
Peneliti: Perangkat Wearable Kurang Andal soal Pelacakan Kalori
Apple Watch Series 6 menjadi salah satu perangkat wearable yang disebut penelitian kurang andal dalam perhitungan kalori.
Jakarta: Pada laporan yang dirilis pada bulan Januari lalu, peneliti mencoba mengevaluasi kegunaan dari perangkat cerdas yang dikenakan di pergelangan tangan untuk melacak pengeluaran energi dan detak jantung.

Mengutip GSM Arena, penelitian ini melibatkan Apple Watch Series 6, Polar Vantage V dan Fitbit Sense digunakan oleh 30 orang laki-laki dan perempuan sehat, yang terlibat dalam sejumlah olahraga termasuk angkat beban, bersepeda, berlari, berjalan dan bahkan duduk.
Sedangkan soal perangkat referensi, tim menggunakan alat penyangga di dada Pokar H10 dan MetaMax 3B. Tim dari Stronger by Science meringkas temuan tersebut ke dalam tabel sederhana yang mengevaluasi akurasi, variabilitas, dan reliabilitas masing-masing perangkat.

Seluruh perangkat ini disebut menyuguhkan performa tidak cukup baik di bidang pelacakan kalori di hampir seluruh aktivitas. Tidak hanya itu, namun deviasi rata-rata dari pengeluaran energi harian sebenarnya tidak dapat diprediksi dan sangat bervariasi.

Hal ini menyebabkan jam tangan cerdas tersebut tidak berguna dalam melacak kalori, karena pengguna tidak dapat melacak kemajuan soal kalori dengan tepat, bahkan dengan nilai absolut tidak aktif.

Perangkat yang dapat dikenakan juga diperkirakan bahkan lebih tidak konsisten dengan individu dengan pengeluaran energi lebih rendah dari rata-rata dan lebih tinggi dari rata-rata. Penelitian ini juga selaras dengan laporan penelitian sebelumnya yang mencoba menilai kemampuan yang sama namun dengan perangkat berbeda.

Berita baiknya adalah, Apple Watch Series 6 cukup dapat diandalkan dalam hal pelacakan detak jantung di seluruh aktivitas. Perangkat wearable Polar Vantage V dan Fitbit Sense mengalami fluktuasi bergantung pada olahraga yang dilakukan pengguna.

Penghitungan langkah juga disebut andal di seluruh perangkat yang terlibat dalam penelitian tersebut. Kesimpulannya yaitu meski memiliki keterbatasan, seperti ukuran sampel kecil dari perangkat dan individual, penelitian ini selaras dengan penelitian sebelumnya.

Sebagai informasi, penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa smartwatch dan perangkat pelacak kesehatan yang tersedia secara komersial tidak mampu menyediakan pengukuran pengeluaran energi harian andal, terlebih hasil pengukuran sangat tidak terprediksi.

Namun, pelacakan detak jantung dan penghitung langkah merupakan fitur yang kerap berguna dan dapat diandalkan. Bahkan, sejumlah penelitian mengindikasikan bahwa perangkat wearable cerdas mampu memperkenalkan dampak positif pada pola hidup sehat penggunanya.

Pengguna yang memanfaatkan perangkat wearable cenderung meningkatkan upayanya dalam menjalani gaya hidup sehat, termasuk lebih banyak berkegiatan yang mendukung gaya hidup tersebut dan lebih peduli pada penghitungan langkah.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id