Australia Berencana Pakai Drone Bantu Deteksi Kasus Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 27 Maret 2020 11:27 WIB
    Australia Berencana Pakai Drone Bantu Deteksi Kasus Virus Korona
    Ilustrasi.
    Jakarta: Departemen Pertahanan Australia dan Univeristy of South Australia ingin menggunakan teknologi drone untuk patroli dan memantau kesehatan masyarakat di negaranya.

    Dilaporkan bahwa perusahaan drone komersial bernama Draganfly bakal diajak kerjasama kedua lembaga tadi untuk mendeteksi kasus virus Corona. Draganfly sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan drone yang memodifikasi perangkat mereka di tengah pandemi.

    Drone milik Draganfly diapsangkan sesnsor suhu dan kemampuan komputer pintar di kameranya untuk bisa mendiagnosa kondisi kesehatan seseorang dari jarak jauh, dikutip dari Digital Trends. Jadi proses pengecekan suhu tubuh bisa dilakukan dengan aman.

    Di Australia, pemerintah sudah menyiapkan anggaran proyek kerjasama ini senilai USD1,5 juta. Drone milik Draganfly akan dimodifikasi untuk bisa melakukan pemantauan dan mendeteksi apabila seseorang memiliki masalah pernapasan.

    Jadi drone akan terbang dan fokus melakukan patroli untuk mengecek suhu tubuh seseorang yang batuk dan bersin. Rencananya drone tersebut juga akan mampu mendeteksi kecepatan detak jantung seseorang dari jauh.

    Pihak Draganfly sendiri masih belum dijelaskan bagaimana cara mereka mengoperasikan drone ini, secara manual atau otomatis dengan durasi tertentu. Diketahui bahwa drone punya fitur untuk terbang otomatis dengan rute yang sudah ditentukan.

    Pemerintah Australia berencana menggunakan drone ini di tempat keramaian atau fasilitas umum. Pihak Draganfly mengaku bahwa sejak pandemi virus Korona muncul di berbagai negara, permintaan terhadap layanan jasa mereka semakin dicari.

    Sebelum pandemi terjadi, drone dan teknologi yang dimiliki Draganfly sudah digunakan oleh beberapa negara untuk membantu proses pencarian dan pertolongan korban bencana alam maupun orang hilang.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id