YouTube akan Hilangkan Mode PiP di iPhone

    Lufthi Anggraeni - 21 September 2020 13:51 WIB
    YouTube akan Hilangkan Mode PiP di iPhone
    Mode Picture-in-Picture YouTube dilaporkan menghilang dari iPhone pengguna sistem operasi iOS 14.
    Jakarta: YouTube dilaporkan akan menghilangkan mode Picture-in-Picture (PiP) pada perangkat bersistem operasi iOS 14. Namun, mode ini disebut masih akan dapat dinikmati oleh pengguna iPhone dengan iOS 14 yang juga merupakan pemilik akun Premium.

    Mengutip The Verge, mode PiP ini memungkinkan pengguna menonton video sambil mengerjakan aktivitas lain. Dan mode PiP ini dapat dimanfaatkan pengguna via situs YouTube dari peramban Safari dan menonton di layar penuh.

    Pengguna hanya perlu mengetuk kembali layar untuk mengakses panel kendali dan ikon PiP di pojok kiri atas layar. Sayangnya, video YouTube yang tengah ditonton akan hilang saat pengguna kembali ke halaman Home untuk membuka aplikasi lain.

    Sebagai informasi, mode PiP ini disebut masih dapat digunakan untuk menikmati konten YouTube dalam iOS 14 versi beta. Namun, pemilik akun YouTube versi non berbayar atau gratis di perangkat iPad masih dapat memanfaatkan mode ini via peramban Safari.

    Hingga saat ini, Google maupun Apple belum memberikan pernyataan resmi menghilangnya mode ini di iOS 14 tersebut, termasuk alasan mode tersebut, terkait akibat bug atau keputusan secara sengaja menghilangkan mode tersebut pada sistem operasi terbaru Apple ini.

    Sementara itu, menurut sejumlah Twitter pada bulan Agustus 2020 lalu, YouTube menguji mode PiP ini untuk sejumlah pengguna iOS via aplikasi YouTube versi iOS. Sejumlah informasi mengindikasikan bahwa fitur ini hanya berfungsi pada video dalam jumlah kecil.

    Fitur ini dikonfirmasi tengah diuji pada sejumlah kecil pengguna iOS yang menggunakan aplikasi YoUtube iOS versi terbaru. Sebelumnya, Apple telah menambahkan dukungan codec VP9 Google untuk versi terbaru dari sistem operasi karyanya seperti iOS 14, iPadOS 14, dan tvOS 14.

    Hasilnya, versi dari iOS ini dapat memutar video HDR 4K di aplikasi YouTube untuk pertama kalinya. Selain itu, Apple baru-baru ini merilis iOS 14 beta publik 6 mendekati perilisan versi akhir dari iOS 14.

    Tidak hanya dukungan fitur Picture-in-Picture, iOS 14 juga didukung oleh widgets bergaya Android, App Library, dan lainnya.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id