AirPod Baru Manfaatkan Sensor Cahaya untuk Pantau Kesehatan

    Lufthi Anggraeni - 26 Mei 2020 09:24 WIB
    AirPod Baru Manfaatkan Sensor Cahaya untuk Pantau Kesehatan
    Apple dilaporkan akan membekali AirPods generasi selanjutnya dengan Ambient Light Sensors.
    Jakarta: Apple dikabarkan akan membekali AirPod terbaru di masa mendatang dengan Ambient Light Sensors, ditujukan untuk mengawasi data seperti level oksigen dan detak jantung. Apple juga dilaporkan telah memberikan tugas kepada pemasok mitranya, ASE Technology.

    DigiTimes melaporkan, ASE Technologies bertugas memproduksi Ambient Light Sensors dan menyimpulkan bahwa sensor tersebut dapat digunakan untuk mengawasi jumlah langkah, pergerakan kepala dan menginterpretasikan detak jantung.

    Teknologi serupa seperti sensor detak jantung juga dapat ditemukan pada lini Samsung Galaxy S9, yang memancarkan cahaya melalui kulit dan kemudian mengukur variasi dalam cahaya yang terpantul selaras dengan detak jantung.

    Namun, menggunakan sensor demikian dalam bentuk, ukuran, dan posisi AirPods saat ini dinilai sejumlah pihak tidak memungkinkan untuk melaksanakan tugas tersebut. Sensor ini dinilai lebih sesuai untuk produk dengan bentuk serupa Powerbeats Pro.

    Apple dapat menggunakan Ambient Light Sensors untuk mengawasi level oksigen dalam darah guna mengukur kebugaran pengguna, namun data tersebut dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan seperti gangguan tidur.

    Apple telah berupaya untuk mendeteksi dan mencegah kondisi buruk pada jantung dengan menggunakan fungsi ECG pada Apple Watch Series 5, dan kini dirumorkan tengah menguji fitur pelacak kebugaran untuk disematkan pada AirPods untuk beberapa waktu.

    Sebelumnya, keterangan yang tercantum pada sejumlah sasis Apple AirPods Pro kini menyebut bahwa headphone tersebut dirakit di Vietnam, berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter dan sejumlah laporan dari forum MacRumors.

    Hal ini mengindikasikan bahwa Apple telah mulai mengurangi ketergantungannya pada manufaktur di Tiongkok. Umumnya, unit AirPods Pro tersemat pesan di bagian belakang sasis menyebut perangkat dirakit di Tiongkok.

    Sementara itu, Apple dilaporkan akan merilis headset mixed reality pada tahun 2021 mendatang, dan diikuti oleh Apple Glass pada tahun 2022 atau 2023. Informasi terkait perangkat ini dibocorkan oleh tipster Jon Prosser.

    Pada awal bulan Mei ini, Prosser menyebut bahwa Apple Glass akan tampil serupa kacamata tradisional namun berbekal pemindai LiDar di sudut kanan bagian puncak. Sensor ini merupakan sensor Time of Flight yang juga digunakan pada model iPad Pro terbaru.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id