Perusahaan Konvensional Perlu Antisipasi 3 Pilar Digital

    Lufthi Anggraeni - 24 Maret 2016 16:22 WIB
    Perusahaan Konvensional Perlu Antisipasi 3 Pilar Digital
    Oracle menyebut terdapat tiga pilar bidang digital yang perlu diantisipasi perusahaan konvensional.



    medcom.id, Jakarta: Perkembangan teknologi dan perilaku konsumen disebut telah memicu proses transformasi digital di berbagai belahan dunia. Hal ini turut menuntut perusahaan konvensional untuk mengantisipasi tiga pilar di bidang digital.

    "Teknologi saat ini menawarkan pengalaman lebih memudahkan dan menyenangkan. Teknologi ini juga membantu menyediakan informasi yang bermanfaat untuk pelaku bisnis, untuk dapat lebih memahami konsumennya," ujar Vice President Oracle Middleware, Oracle Corporation, Chin Ying Long, saat ditemu di kantor Oracle hari ini, Kamis (24/3/16).

     



    Pilar pertama dari tiga pilar yang dimaksud Chin adalah pengalaman pelanggan. Umumnya, perusahaan pendatang baru yang telah melakukan digitalisasi, memiliki kemampuan menghimpun informasi yang tersedia di ranah maya.

    Dengan informasi ini, pendatang baru tersebut telah dapat mengidentifikasi profil konsumen yang dituju. Hal ini memudahkan perusahaan tersebut untuk menawarkan solusi, layanan ataupun saran yang sesuai dengan kepribadian konsumen.

    Selain itu, era digital juga disebut Chin, meningkatkan ekspektasi yang dimiliki oleh konsumen terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

    Sementara itu, pilar kedua yaitu operasional. Chin menyebut, transformasi digital menghadirkan efisiensi dalam hal operasional. Hal ini menyebabkan biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan menjadi lebih murah, yang turut berimbas pada penyediaan layanan lebih baik bagi pelanggan.

    Sedangkan pilar ketiga yang disebut Chin adalah model bisnis. Gangguan digital disebut Chin turut mengubah model bisnis yang diusung perusahaan. Bisnis digital disebut mampu menciptakan kesempatan baru dan menambah nilai dari organisasi atau perusahaan.

    Chin menambahkan, bisnis yang menjadi prioritas untuk segera melakukan transformasi digital adalah pelaku di industri layanan. Hal ini, jelas Chin, didorong oleh pergeseran generasi konsumen yang telah lebih memahami keuntungan teknologi dan digitalisasi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id