Bulan Ramadan, Perusahaan Harus Konsisten Layani Konsumen

    Mohammad Mamduh - 09 Mei 2017 12:24 WIB
    Bulan Ramadan, Perusahaan Harus Konsisten Layani Konsumen
    General Manager Customer Experience Solutions, Oracle ASEAN, Raen Lim



    medcom.id, Jakarta: Selama bulan Ramadan, para pelaku bisnis seperti e-commerce pada umumnya menawarkan berbagai promosi demi menarik konsumen. Sebenarnya, ini merupakan kesempatan untuk perusahaan dalam meningkatkan pendapatan.

    Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana mereka sanggup memberikan pelayanan yang tepat. Oleh karena itu, investasi dalam menyediakan layanan konsumen yang baik adalah satu keharusan.

     



    "Beberapa perusahaan sudah berinvestasi dalam beberapa sektor, termasuk untuk customer service," kata General Manager Customer Experience Solutions, Oracle ASEAN, Raen Lim. "Namun, transformasi digital untuk customer service juga memunculkan tantangan baru. Perusahaan harus mampu memberikan pengalaman terbaik tanpa henti dan konsisten."

    Ia mencontohkan, bulan ramadan adalah kesempatan perusahaan untuk menunjukkan bahwa mereka mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Pasalnya, trafik akan meningkat tajam, dan mereka harus bisa menyediakan akses yang memadai, termasuk dalam melayani komplain. Raen juga menekankan, perusahaan bahkan harus bisa menyediakan solusi sebelum masalahnya muncul. Salah satu caranya adalah memanfaatkan data, yang bisa didapatkan dari media sosial atau dengan menggandeng penyedia komputasi awan.

    "Kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu konsumen seperti apa, dan apa yang mereka inginkan. Sehingga, perusahaan bisa langsung menyediakan solusi yang sesuai." Alasan pemanfaatan media sosial adalah karena konsumen saat ini cenderung enggan untuk berinteraksi langsung kepada pelaku bisnis, dan lebih suka menyatakan keinginannya via media sosial.

    Investasi dalam menyediakan customer service yang optimal, terutama memanfaatkan tren transformasi digital, mampu menghemat waktu dalam mengubah investasi menjadi pendapatan sebanyak 50 persen. Perusahaan yang mampu menyediakan customer service yang optimal, performa pasar sahamnya bisa meningkat 29 persen.

    E-commerce dan maskapai penerbangan adalah dua contoh sektor bisnis yang mendapatkan jumlah pelanggan lebih banyak ketika bulan Ramadan. Permintaan akan produk kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian akan bertambah, begitu juga dengan tiket pesawat untuk mudik. Pelaku harus memastikan bahwa konsumen bisa mengakses produk selama 24 jam tanpa gangguan. 

    Dalam melayani pelanggan ketika menemui masalah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. "Jika dulu perusahaan mengandalkan telepon sebagai pintu utama interaksi perusahaan dengan konsumen, mereka sekarang bisa memanfaatkan cloud dengan sistem manajemen yang menyediakan kecerdasan buatan," lanjut Raen.

    Layanan via chatbot adalah salah satu cara penanganan konsumen yang telah memanfaatkan teknologi. Selain bisa menghemat biaya operasional perusahaan, para pelaku juga bisa memberikan solusi kepada konsumen lebih cepat.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id