comscore

Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Diklaim Jadi Tren

Cahyandaru Kuncorojati - 28 April 2022 10:28 WIB
Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Diklaim Jadi Tren
Redmi Note 11 Series.
Jakarta: Tunjangan Hari Raya (THR) umumnya selalu diterima jelang momen Lebaran. Di kesempatan ini sebagian besar orang memilih menggunakannya untuk membeli barang yang baru, misalnya smartphone baru yang mungkin sudah diinginkan sejak lama.

Menurut survei yang dilakukan Xiaomi Indonesia pada periode 14-17 April 2022 kepada 543 responden di rentang usia 20-35 tahun terungkap bahwa momen jelang Lebaran adalah waktu yang tepat untuk upgrade smartphone.
Hasil survei menunjukan 43.1 persen responden memilih periode bulan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk mengganti (upgrade) ke smartphone yang lebih baru.  Apa saja alasannya? 51,2 persen responden menyatakan bahwa smartphone yang dimiliki sudah waktunya diperbarui sementara 35,4 persen menyatakan ingin merasakan teknologi terbaru.

Sejumlah fitur seperti layar Super AMOLED dan NFC semakin populer. Di bagian layar teknologi tersebut mampu menyediakan gambar yang tajam dengan warna yang detail serta lebih jelas saat di luar ruangan. NFC populer untuk fungsi pembayaran cashless atau top-up e-money.

Fitur lain yaitu kemampuan kamera smartphone juga jadi hal yang diburu responden. Sebanyak 51,9 persen responden menginginkan untuk dapat mengabadikan foto bersama pada saat hari raya Idul Fitri dengan menggunakan smartphone baru.

Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Diklaim Jadi Tren

Hasil ini sangat berbeda jauh dari 13 persen responden yang ingin menggunakan smartphone baru mereka untuk video call dengan teman atau keluarga, serta 11.9 persen responden ingin menikmati bermain game menggunakan smartphone baru mereka. Tidak heran fitur kamera 108MP pada smartphone juga kini menjadi idaman banyak orang.

Mengapa responden merasa momen Lebaran dan THR menjadi waktu terbaik untuk membeli smartphone baru? 45,1 persen menjawab bahwa momen Ramadhan ini merupakan kesempatan bagi mereka mendapatkan penawaran terbaik untuk smartphone pilihan mereka. 20,1 persen menyatakan bahwa momen Ramadhan ini merupakan waktu yang terbaik karena mereka baru saja mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).

Soal harga, mayoritas responden yaitu sebesar 74,9 persen berminat untuk membeli smartphone di rentang harga Rp2 juta hingga Rp4 juta. Makanya smartphone di kelas entry-mid range sangat populer di Indonesia. 

Selera smartphone juga sangat beragam tapi 77,5 persen menginginkan smartphone yang punya desin compact alias ringkas dan elegan sementara 48,4 persen butuh kamera yang mumpuni.

Xiaomi Indonesia sendiri menyediakan lini smartphone di kelas entry-mid range yaitu Redmi Note 11 Series. Di sini ditawarkan layar Super AMOLED dengan refresh rate tinggi untuk gaming dan didukung chipset mumpuni serta baterai kapasitas besar.

Redmi Note 11 juga sudah memiliki NFC dengan banderol harga mulai dari Rp2.499.000 sementara Redmi Not 11 Pro di harga Rp3.499.000 dengan spesifikasi lebih tinggi.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id