Hasil Uji Performa iPhone 12 Berbeda di Dua Aplikasi

    Lufthi Anggraeni - 26 Oktober 2020 17:53 WIB
    Hasil Uji Performa iPhone 12 Berbeda di Dua Aplikasi
    Hasil pengujian benchmark Geekbench 5 dan Antutu untuk iPhone 12 berbeda.
    Jakarta: Pada smartphone keluaran terbarunya, lini iPhone 12, Apple menjanjikan performa 50 persen lebih baik berkat dukungan prosesor terbaru buatannya, A14 Bionic. Hal ini menarik perhatian sejumlah pihak untuk membuktikan klaim Apple ini.

    Sayangnya, pengujian smartphone terbaru Apple yang menggunakan sejumlah aplikasi benchmark ini menampilkan hasil berbeda. Aplikasi Geekbench 5 menilai bahwa performa iPhone 12 lebih baik jika dibandingkan dengan performa smartphone Android.

    Skor yang ditampilkan oleh aplikasi benchmark karya perusahaan asal Kanada ini berbeda dengan perolehan nilai yang dihasilkan oleh Antutu. Aplikasi benchmark karya perusahaan asal Tiongkok ini mengindikasikan bahwa performa iPhone 12 masih kalah baik jika dibandingkan dengan sejumlah smartphone bersistem operasi Android.

    Mengutip Tom's Guide, iPhone 12 memperoleh skor sebesar 1.593 pada pengujian Geekbench 5 single core dan skor sebesar 3.859 pada pengujian multicore. iPhone 12 Pro justru hadir dengan skor lebih rendah jika dibandingkan dengan iPhone 12.

    Skor iPhone 12 Pro 1.585 untuk pengujian single core dan 3.669 untuk pengujian multicore. Angka tersebut mengalahkan skor hasil pengujian pada smartphone Android, termasuk smartphone yang didukung oleh chipset Snapdragon 865 seperti ROG 3, Galaxy Note 20 Ultra, Galaxy S20 Plus.

    Sementara itu, hasil uji aplikasi benchmark Antutu menampilkan hasil skor berbeda dengan skor A14 Bionic tidak lebih baik jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 865. Berdasarkan unggahan Antutu yang dipublikasikan di Weibo, performa chipset dan grafis A14 Bionic dibandingkan Adreno 650 di Snapdragon 865 dan Snapdragon 865 plus.

    Hasil tes Antutu secara keseluruhan memberikan skor 572.133 untuk iPhone 12 RAM 4GB dan ROM 256 GB. Sedangkan aplikasi Antutu menampilkan perolehan skor smartphone dengan dukungan Qualcomm Snapdragon 865 Plus di atas 600.000.

    Dengan demikian, hasil skor Antutu mengindikasikan kinerja Qualcomm SD865 plus lebih unggul jika dibandingkan dengan Bionic A14. Sementara itu, berdasarkan perbandingan hasil pengujian pada Bionic A14 dan A13 Bionic, Antutu mencatat peningkatan performa CPU sebanyak 20 persen.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id