Stok Langka, NVIDIA Produksi Lagi RTX 2060 dan GTX 1050 Ti

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Februari 2021 11:25 WIB
    Stok Langka, NVIDIA Produksi Lagi RTX 2060 dan GTX 1050 Ti
    Ilustrasi.
    Jakarta: Sama seperti AMD maupun Intel, NVIDIA sebagai salah pemain industri komponen PC atau hardware juga mengalami masalah serius terkait ketersediaan produk di pasar. Kartu grafis NVIDIA langka akibat tren mining aset kripto dan kendala produksi akibat pandemi.

    Demi mengatasi kondisi tersebut sambil menjaga agar konsumen setia mereka tidak beralih ke kompetitornya, AMD, NVIDIA dilaporkan mengambil langkah yang tidak biasa. Mereka akan memproduksi kembali produk kartu grafis lama.

    Rumor ini pertama kali dilaporkan oleh PC World yang menjalin komunikasi dengan perwakilan NVIDIA yang dirahasiakan identitasnya. Terungkap NVIDIA akan kembali memproduksi kartu grafis generasi lama, seperti GeForce RTX 2060 dan GTX 1050 Ti.

    "Produk yang dimaksud tidak pernah dalam status EOL (End of Life) jadi istilah dengan membangkitkannya kembali adalah terminologi yang kurang sesuai. Kami mencoba untuk memenuhi permintaan pasar yang kita tahu sangat tinggi," tulis pihak NVIDIA melalui email yang dikutip dari PC World.

    Berdasarkan jawaban tersebut maka NVIDIA kemungkinan besar akan memproduksi kembali kartu grafis dari generasi lama. Saat ini belum ada jawaban resmi dari NVIDIA dan vendor (AIB) terkait hal ini.

    Tidak hanya itu, NVIDIA juga tidak mengungkapkan alasan memilih kartu grafis GeForce RTX 2060 dan GeForce GTX 1050 Ti untuk diproduksi kembali. Dugaan sementara karena dua kartu grafis ini mewakili segmentasi harga pasar dan teknologinya.

    Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 diketahui menjadi generasi pertama yang mendukung teknologi real-time ray tracing dan berada di kelas terjangkau. NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti yang merupakan generasi lebih lama tidak mendukung ray-tracing tapi memiliki harga yang lebih ramah kantong.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id