Apple Akuisisi Perusahaan Teknologi untuk Simpan Data AI di iPhone

    Lufthi Anggraeni - 16 Januari 2020 18:05 WIB
    Apple Akuisisi Perusahaan Teknologi untuk Simpan Data AI di iPhone
    Apple dilaporkan mengakuisisi perusahaan AI bernama Xnor.ai, dengan kisaran nilai sebesar Rp2,7 triliun.
    Jakarta: Apple dilaporkan telah mengakuisisi perusahaan AI bernama Xnor.ai dengan kisaran nilai sebesar USD200 juta (Rp2,7 triliun). Akuisisi ini disebut setara dengan akuisisi Apple terhadap perusahaan AI pada tahun 2016 lalu.
     
    Sebagai informasi, akusisi perusahaan di bidang kecerdasan buatan (AI) sebelumnya juga disebut menelan biaya sebesar USD200 juta (Rp2,7 triliun). Sementara itu, Xnor.ai diklaim meraih ketenaran berkat kemampuannya untuk menawarkan teknologi AI terintegrasi dalam perangkat.
     
    Hal ini berarti bahwa Machine Learning dan kemampuan pengenalan gambar akan dapat ditawarkan di perangkat dengan dukungan chipset kelas bawah, tanpa harus melalui layanan komputasi cloud.
     
    Co-founder Xnor.ai Ali Farhadi menyebut bahwa pada tahun 2018 lalu, mereka telah dapat melepaskan ketergantungan AI dengan cloud pada seluruh perangkat. Startup berusia tiga tahun ini juga telah mengembangkan metode yang memungkinkan pengembang software untuk menyematkan kode AI ke dalam aplikasi, bahkan jika tanpa pengetahuan soal coding AI.
     
    Kini semua bergantung pada Apple untuk mempertahankan moto AI Everywhere, for Everyone atau tidak. Pada tahun lalu, co-founder Farhadi menjelaskan cara Xnor.ai menjaga dan menjunjung moto tersebut.
     
    Xnor.ai telah mencapai sejumlah prestasi pada tahun 2019 lalu, termasuk pengembangan chip AI yang dapat berfungsi selama bertahun-tahun dengan menggunakan daya dari sinar matahari atau baterai lingkaran berukuran serupa koin, serta produk berteknologi AI yang mengawasi rak produk di swalayan.
     
    Selain itu, startup ini membuat kesepakatan dengan perusahaan kamera rumah cerdas Wyze untuk menyematkan fitur Person Detection berbasis AI, termasuk pada kamera Wyze.

    Namun kemudian, Wyze mengumumkan bahwa Xnor.ai memutuskan untuk mundur dari kesepakatan tersebut, dan update firmware yang hadir pada bulan ini akan menghapus fitur tersebut dari produk kameranya.
     
    Sebelumnya, data yang dirilis Strategy Analytics mengungkap bahwa hingga saat ini, Apple merupakan pemain terbesar di ranah True Wireless Headset (TWS). Perusahaan berbasis di Cupertino ini mengapalkan sebanyak 58,7 juta AirPods selama tahun 2019 lalu.
     
    Jumlah tersebut mengganjar Apple dengan pangsa pasar sebesar 54,4 persen. Tidak hanya itu, Apple juga mendominasi 71 persen dari total pendapatan di pasar TWS di seluruh dunia.


    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id