Dengan iOS 13, iPhone Bisa Jadi Kartu Identitas Virtual

    Ellavie Ichlasa Amalia - 18 Juni 2019 14:22 WIB
    Dengan iOS 13, iPhone Bisa Jadi Kartu Identitas Virtual
    Sebelum ini, NFC pada iPhone hanya bisa digunakan untuk Apple Pay.
    Jakarta: Apple telah menanamkan fitur NFC (Near-Field Communication) sejak iPhone 6. Namun, selama ini, NFC hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran via Apple Pay. Dengan iOS 13, Apple akan memungkinkan aplikasi lain menggunakan NFC. 

    Walau iOS 13 baru akan diluncurkan pada musim gugur mendatang, beberapa negara seperti Jepang dan Jerman telah membuat rencana untuk menjadikan iPhone sebagai kartu identitas virtual. Untuk itu, warga Jepang dan Jerman cukup memindai kartu identitas mereka menggunakan NFC pada iPhone. 

    Minggu lalu, Nikkei melaporkan tentang rencana pemerintah Jepang untuk membiarkan pengguna iPhone memindai kartu identitas nasional ke ponsel. Warga akan bisa menggunakan kartu identitas virtual pada iPhone mereka untuk mengisi formulir seperti formulir rumah sakit atau pajak. 

    Fitur serupa telah tersedia untuk pengguna Android di Jepang. Dengan peluncuran fitur yang sama untuk pengguna iPhone, ini akan memudahkan warga Jepang untuk menyimpan kartu identitas mereka, lapor Gizmodo

    Jerman juga berencana melakukan hal yang sama. Menurut laporan dari Macerkopf, Jerman hendak mengikuti langkah Jepang. Kementerian Dalam Negeri Jerman berkata, mereka akan membuat aplikasi AusweissApp2 untuk iOS sehingga pengguna iPhone bisa memindai kartu identitas mereka menggunakan iPhone. 

    Kementerian Dalam Negeri juga menyebutkan bahwa keputusan Apple untuk memperluas fungsi NFC akan memudahkan pengguna iPhone untuk menggunakan aplikasi ketiga seperti kartu identitas, ePass, dan eVisum di bandara. 

    Saat ini, masih belum diketahui kapan program pemindaian kartu identitas Jerman dan Jepang diberlakukan. Kemungkinan, pemerintah kedua negara akan memberikan informasi baru setelah Apple resmi meluncurkan iOS 13. 



    (ELL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id