Jelang IPO, iflix Disuntik Dana Rp697 Miliar

    Lufthi Anggraeni - 22 Juli 2019 17:38 WIB
    Jelang IPO, iflix Disuntik Dana Rp697 Miliar
    IFlix mengumumkan perolehan pendanaan dengan jumlah sekitar USD50 juta.
    Jakarta: iflix mengumumkan perolehan pendanaan dari investor yang dipimpin oleh Fidelity International, dan didukung oleh Catcha Group, Hearst, Sky dan EMC. Tidak mengungkap jumlah total, pendanaan IFlix ini disebut mencapai USD50 juta (Rp697,4 miliar).

    Techcrunch melaporkan bahwa pendanaan ini akan dimanfaatkan IFlix untuk mendorong pertumbuhan, sebagai persiapannya untuk melakukan penawaran publik atau IPO.

    Pendanaan iflix ini juga didukung investor baru dari perusahaan media yaitu MNC dari Indonesia, Yoshimoto Kogyo dari Jepang, dan JTBC dari Korea Selatan.

    Sebagai informasi, saat ini IFlix mengklaim telah memiliki 17 juta pengguna aktif, meningkat dari jumlah pengguna sebesar sembilan juta pada enam bulan lalu.

    Co-founder dan chairman IFlix Patrick Grove menyebut investasi ini menjadi pengesahan terhadap bisnis model dan prospek pertumbuhan iflix.

    Selain itu, Grove juga menyebut bahwa pendanaan ini turut memperkuat hubungan iflix dengan penyedia konten lokal terbesar di wilayah Asia Tenggara. Sementara itu pada tujuh bulan lalu, iflix mengumumkan telah menjual sahamnya yang tersisa di bisnisnya di Afrika, bertajuk Kwese iflix.

    Keputusan tersebut diambil IFlix untuk terfokus pada pasar di Asia Tenggara dan Timur Tengah. Pendanaan yang baru diterima IFlix ini menggenapi pendanaan yang telah diterima sejak awal kemunculannya yaitu sebesar USD350 juta (Rp4,8 triliun).

    Sebelumnya pada bulan November 2018 lalu, iflix mengumumkan opsi pembayaran baru dengan menggunakan pulsa terintegrasi, hasil kerja sama dengan Telkomsel. Opsi ini memungkinkan pengguna Telkomsel untuk dapat menikmati konten yang ditawarkan iflix.

    Sementara itu, iflix sedang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk membuat proyek film berdasarkan lima lagu finalis Lomba Cipta Lagu Anak (LCLA) 2018. Menurut kabar terbaru, sejumlah proposal film panjang telah masuk dan Iflix dipastikan akan membiayai sedikitnya lima proyek terpilih.

    Pengguna Telkomsel dapat mengakses layanan iflixVIP dengan biaya sebesar Rp1.300 per hari, atau sebesar Rp39.000 per bulan via opsi pembayaran pulsa. Layanan iflixVIP merupakan layanan dengan penawaran konten lebih banyak jika dibandingkan dengan versi reguler.
     
    Layanan versi VIP ini diklaim menawarkan judul eksklusif, program orisinal lokal, film drama terbaik, dan serial populer di Indonesia. iflixVIP juga menawarkan siaran langsung untuk acara khusus, meliputi konser lokal, regional dan internasional, yang disuguhkan tanpa gangguan iklan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id