SUPER Jadi Rumpun Kartu Grafis Terbaru NVIDIA?

    Cahyandaru Kuncorojati - 13 Juni 2019 08:05 WIB
    SUPER Jadi Rumpun Kartu Grafis Terbaru NVIDIA?
    Video teaser NVIDIA SUPER.
    Jakarta: NVIDIA cukup mengecewakan penggemarnya saat Computex 2019 karena tidak ada hal baru yang mereka umumkan. Padahal beberapa minggu sebelumnya, mereka merilis video teaser misterius berisi nama "SUPER".

    Kini perlahan nama tersebut mulai terkuak. Rumor terbaru menyebut bahwa SUPER akan menjadi lineup produk kartu grafis terbaru dari NVIDIA.

    Tentu saja NVIDIA belum memberikan jawaban atas beredarnya rumor ini. Dikutip dari situs Videocardz, bahwa SUPER bakal menjadi varian tertinggi dari basis GeForce RTX.

    Jadi, NVIDIA tidak akan merilis jajaran produk bernama GeForce RTX 3000 Series. Melainkan, embel SUPER akan diberikan pada jajaran seri GeForce RTX yang ada.

    Disebutkan bahwa seri SUPER akan menawarkan spesifikasi lebih tinggi, jumlah core yang lebih banyak dari GPU baru dan memory clock speed yang lebih besar. Rumor lain juga menyebut kapasitas VRAM juga akan ditingkatkan lagi.

    Seluruh seri GeForce RTX akan mendapatkan seri SUPER, termasuk GeForce RTX 2080 Ti SUPER. Seri ini dipastikan akan jauh lebih kencang ketimbang GeForce RTX 2080 Ti yang sudah ada di pasar.

    Tidak tanggung, rumor juga menyebutkan NVIDIA akan segera merilis jajaran produk SUPER ke pasar di bulan ini. Artinya, hal ini akan mendesark ketersediaan produk NVIDIA seri GeForce RTX yang sudah ada di pasar dan bakal mendorong produk tersebut turun harga.

    Hal ini oleh banyak pihak dinilai sebagai salah satu strategi untuk mendesak dua produk terbaru dari AMD yaitu Radeon RX 5700 XT dan Radeon RX5700 dengan arsitektur AMD Navi yang diperkenalkan di E3 2019. Diketahui dua kartu grafis terbaru AMD tersebut dikabarkan menyalip performa NVIDIA GeForce RTX 2070 dan RTX 2060.

    Keduanya juga dibanderol lebih murah oleh AMD. Apabila benar NVIDIA merilis jajaran seri SUPER di bulan ini dan membuat produk yang ada dipasar menjadi turun harga maka ini akan membuat AMD kehilangan ruang untuk bersaing atau sedikit lebih unggul dari NVIDIA.

    Artinya, sekali lagi NVIDIA dan AMD memulai perang di industri kartu grafis. NVIDIA akan berusaha mempertahankan posisinya untuk mendominasi pasar dengan merilis banyak produk seperti saat mereka merilis seri GeForce RTX di tahun lalu.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id