NVIDIA: Kartu Grafis Bisa Dukung Penelitian Virus Korona

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Maret 2020 09:26 WIB
    NVIDIA: Kartu Grafis Bisa Dukung Penelitian Virus Korona
    Ilustrasi kartu grafis.
    Jakarta: Teknologi selalu punya cara untuk bisa berkontribusi terhadap kehidupan manusia, termasuk gamer. NVIDIA baru ini membuat sebuah gerakan terbaru, mengajak gamer di PC untuk berkontribusi ke penelitian virus Korona atau Covid-19.

    Caranya termasuk unik dan canggih, NVIDIA mengajak semua gamer meminjamkan kemampuan PC terutama kartu grafis mereka untuk mendukung teknologi riset virus Korona yang dilakukan organisasi Folding@Home (FAH).

    FAH merupakan proyek komputeriasi yang digunakan untuk riset penyakit dengan melakukan simulasi penelitian perkembangan protein dalam sebuah virus.

    Penelitian ini membutuhkan pasokan kemampuan komputer untuk melakukan simulasi, hingga ditemukan kunci atau sistem pengembangan protein virus yang akan menghasilkan obat atau antivirus.

    Jadi sudah ada beberapa laboratorium di perguruan tinggi atau lembaga kesehatan seluruh dunia yang menggukan software dari FAH. Software ini bekerja dengan mengandalkan kemampuan komputerisasi atau kalkulasi dari GPU di kartu grafis.

    Targetnya, semakin banyak kartu grafis yang digunakan sebagai sumber daya, maka riset yang dilakukan bisa semakin cepat. NVIDIA mengajak gamer di PC yang memiliki kartu grafis maupun lebih dari satu bisa menggunakan sumber daya di perangkatnya untuk ikut melakukan riset.

    Caranya mudah, mereka hanya perlu mengunduh aplikasi dari FAH. Kemudian aplikasi itu diaktifkan untuk melakukan proses kalkulasi. Aplikasi ini tidak harus diperhatikan tapi bisa tetap berjalan sambil gamer bermain game atau melakukan aktivitas lain di PC mereka.

    NVIDIA juga melakukan kampanye ini kepada pelaku cryptomining atau pengumpul uang kripto yang selama ini dikenal memiliki banyak kartu grafis. Selama ini mereka menggunakan kalkulasi di GPU kartu grafis untuk mengumpulkan uang kripto.

    Meksipun memiliki nilai positif, tapi pihak FAH mengakui bahwa efek terhadap perangkat akan sama seperti yang dialami para cryptominer. Performa GPU di kartu grafis akan terkuras karena beban kerja lebih berat sehingga usia perangkat akan ikut berpengaruh.

    NVIDIA mengimbau gamer yang punya kartu grafis lebih bisa ikut dalam kontribusi gerakan ini. FAH sendiri menyediakan beberapa pilihan riset yang bisa didukung oleh gamer, mulai dari riset untuk kanker, parkinson, virus influenza, dan banyak lagi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id