NVIDIA Umumkan GPU untuk Kebutuhan Server dan AI

    Cahyandaru Kuncorojati - 25 Juni 2020 13:28 WIB
    NVIDIA Umumkan GPU untuk Kebutuhan Server dan AI
    NVIDIA A100 form factor PCIe.
    Jakarta: NVIDIA kembali menunjukan kemampuan komputasi berbasis GPU yang tidak kalah dari CPU atau prosesor. Mereka merilis perangkat terbaru yaitu NVIDIA A100 yang ditujukan untuk server maupun teknologi AI di beragam kebutuhan.

    Dalam peluncurannya kemarin NVIDIA juga sudah menggandeng lebih dari 50 merek yang akan menanamkan konfigurasi NVIDIA A100 di server yang dipasarkan. Ada Asus, Atos, Cisco, Dell, Fujitsu, Gigabyte, HP Enterprise, Inspur, Lenovo, One Stop System, Quanta, dan Supermicro yang termasuk sudah siap memasarkannya.

    NVIDIA mengklaim ada 30 perangkat server yang segera hadir di pasar dalam waktu dekat dan sisanya di akhir tahun ini. Vice President & General Manager of Accelerated Computing NVIDIA, Ian Buck mengklai teknologi kali ini akan menyediakan lompatan performa yang signifikan.

    "Beragam server berbasis NVIDIA A100 dari mitra kami menyediakan opsi pengguna untuk mengakselerasi pusat data mereka untuk pemanfaatan tingkat tinggi dengan biaya kepemilikan yang rendah," tuturnya.

    NVIDIA A100 diklaim sebagai GPU pertama berbasis arsitektur NVIDIA Ampere yang bisa menyajikan peforma lebih tinggi 20 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Performanya membuat NVIDIA berhasil menciptakan GPU tercanggih di pasar saat ini.

    Satu fitu canggih di NVIDIA A100 adalah kemampua multi-instance GPU atau meningkatkan performa setiap Tensor Core di dalamnya menjadi tujuh partisi sekaligus. Hal ini menungkinkan beberapa GPU bekera sekaligus untuk membentuk sebuah GPU raksasa.

    NVDIA juga sudah memperkenalkan GPU NVIDIA A100 yang hadir dalam form factor PCIe. Desain ini memungkinkan pembuat server untuk menyediakan opsi konfigurasi beragam, misalnya single GPU NVIDIA A100 atau 10 GPU dan lebih banyak lagi sesuai kemampuan yang dibutuhkan.

    NVIDIA menjamin teknologi perangkat terbarunya bisa mendukung server dengan kemampuan komputasi super mulai dari beban kerja yang sangat berat hingga simulasi molekul pengembangan obat-obatan maupun merancang model keuangan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id