Apple Tambahkan Nilai Perbaikan untuk iPhone dan MacBook

    Lufthi Anggraeni - 27 Februari 2021 13:21 WIB
    Apple Tambahkan Nilai Perbaikan untuk iPhone dan MacBook
    Apple menyematkan nilai indeks perbaikan untuk iPhone dan MacBook pada situs resmi versi Prancis



    Jakarta: Pada bulan November, European Parliament meresmikan Right to Repair Act, mengharuskan sejumlah produk elektronik untuk mendapatkan label dengan nilai index perbaikan dari 10 dalam upaya mengurangi sampah elektronik.

    Mengutip GSM Arena, pada bulan Januari lalu, Prancis menjadi negara pertama di Eropa yang menyematkan indikasi perbaikan untuk elektronik, termasuk smartphone dan laptop. Dan kini situs Apple versi Prancis secara resmi mendukung label untuk iPhone dan MacBook.






    Nilai perbaikan aktual hanya muncul setelah pengguna melakukan konfigurasi iPhone dan MacBook. Seluruh iPhone 12 series mendapatkan nilai 6 dari 10, sedangkan iPhone 11 mendapatkan rating lebih rendah yaitu 4.6 dari 10.

    iPhone SE 2020 merupakan iPhone baru yang lebih ramah terhadap perbaikan dan dapat dibeli secara langsung dari Apple, dengan nilai 6,2 dari 10. Sistem penilaian ini memiliki kekurangannya karena masing-masing pabrikan dibiarkan menghitung skor mereka dan sejumlah kategori.

    Sistem penilaian ini memberikan informasi untuk pembaruan perangkat lunak dan dukungan teknis yang mengubah hasil keseluruhan demi pabrikan. Kategori yang telah ditentukan untuk kartu penilaian ini termasuk dokumentasi perbaikan, kemudahan melepaskan komponen yang dirakit, ketersediaan suku cadang dan harga.

    iPhone lebih baru cenderung mendapatkan nilai lebih baru karena lebih mudah melepaskan komponen yang dirakit dan memiliki suku cadang yang lebih banyak dan lebih terjangkau. Satu-satunya iPhone lain yang dipasarkan Apple dengan nilai perbaikan tinggi hanyalah iPhone XR, sebesar 4.5 dari 10.

    Apple juga menyematkan rating untuk ponsel model lama seperti iPhone X series, iPhone 8 series dan iPhone 7 series, yang dapat diperiksa dari halaman dukungan situs resmi Apple. Sedangkan untuk Apple MacBook, MacBook Air dengan dukungan chipset M1 baru dan berlayar 13 inci mendapatkan nilai 6,5 dari 10.

    Sementara Apple MacBook Pro berlayar 13 inci dengan chipset M1 baru mendapatkan nilai indeks 5,6 dari 10, dan varian berlayar 10 inci mendapatkan nilai 6,3 dari 10. Regulasi baru dengan indikasi perbaikan baru ini hanya dapat diaplikasikan pada kelompok produk elektronik tertentu.

    Kelompok produk elektronik tersebut termasuk smartphone, laptop, TV, mesin cuci dan pemotong rumput. Diharuskan untuk menyediakan nilai indeks, produk karya manufaktur dengan nilai indeks perbaikan rendah tidak akan didenda hingga tahun 2022.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id