Tokopedia Bahas Tantangan Pengembangan Platform pada START Summit Extension

    Gervin Nathaniel Purba - 28 Oktober 2020 21:32 WIB
    Tokopedia Bahas Tantangan Pengembangan Platform pada START Summit Extension
    START Summit Extension disaksikan oleh lebih dari 12 ribu penonton melalui Tokopedia Play, pada 20 Oktober 2020. (Foto: Dok. Tokopedia)
    Jakarta: Tim Engineer Tokopedia mengajak para pegiat teknologi untuk berdiskusi dan mempelajari lebih dalam tentang pengembangan sebuah platform pada START Summit Extension baru-baru ini.

    Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia selalu berevolusi untuk dapat terus meningkatkan dan menjawab setiap kebutuhan pengguna. Proses pengembangan bukan hanya dalam bentuk website, namun juga aplikasi mobile, baik untuk iOS maupun Android.

    Dengan mengangkat tema Tokopedia Front-End Journey: Democratizing Commerce through Web & Native Platform, tim iOS dan Web Platform Tokopedia membawakan presentasi yang dibagi ke dalam dua sesi, yakni iOS UI Development at Scale dan Unlocking New Capabilities for The Web

    Pada awal sesi presentasi, Technical Architect – iOS Tokopedia Samuel Edwin memaparkan pengalamannya soal membangun iOS dari sisi user interface (UI). Ketika membangun UI, Samuel memulainya dengan penjelasan dari sudut pandang teknikal, yaitu penggunaan UIKit dan Auto Layout.

    Penjelasan selanjutnya dipaparkan oleh Principal Engineer – iOS Tiara Freddy Andika membahas dari sudut pandang manusianya, atau tim yang berada dibalik iOS.

    Dia menjelaskan, bahwa Tokopedia mengadaptasi struktur organisasi tribe, di mana tribe ini terdiri dari lebih dari 20 anggota tim dengan fokus yang berbeda-beda. 

    Setiap tribe memiliki UI Designer dan developer masing-masing, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya perspektif desain aplikasi yang berbeda. Kemudian berpengaruh terhadap alur pengembangan suatu fitur.

    Pada sesi kedua akan membahas tentang kemampuan baru yang dapat diimplementasikan di web, dan bagaimana tim web platform mengadopsinya. Sesi ini dibuka oleh pemaparan dari Engineering Manager Web Platform Tokopedia. Dendi Sunardi.

    Dendi menjelaskan bahwa web merupakan hal penting dalam industri e-commerce, karena sebanyak 35 persen pengguna menghabiskan waktunya di platform web, baik itu mobile web atau dekstop web. 

    Apabila dibandingkan dengan aplikasi, sebanyak 51 persen pengguna tidak mengunduh aplikasi setiap bulannya, sehingga dari sini ada peluang web untuk berkembang masih sangat terbuka lebar.

    Sesi ini ditutup dengan penjelasan seputar web capabilities yang sedang dalam tahap pengembangan oleh tim Web Platform Tokopedia, yakni Badging App Icon, Background Sync API, dan Web NFC.

    Ke depan, START Summit Extension akan terus diadakan setiap bulannya sebagai komitmen dari Tokopedia, perusahaan teknologi untuk memberikan wadah belajar bagi para talenta digital masa depan, agar dapat berkontribusi dalam kemajuan industri teknologi di Indonesia.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id