comscore

Chat Qiscus Terintegrasi ke 20 Channel, Ada Tokopedia dan Email

Mohammad Mamduh - 10 Juni 2022 10:46 WIB
Chat Qiscus Terintegrasi ke 20 Channel, Ada Tokopedia dan Email
Ilustrasi: Qiscus
Jakarta: Qiscus, perusahaan teknologi penyedia Omnichannel Chat untuk bisnis kini dapat terintegrasi pada 20 saluran. Omnichannel Chat Qiscus diharapkan dapat membantu bisnis untuk memaksimalkan proses bisnisnya, terutama dalam hal pelayanan konsumen. 

Pada tahun 2022, strategi Omnichannel menjadi semakin populer dengan adanya pergeseran perilaku konsumen. Adapun, omnichannel merupakan strategi penjualan melalui berbagai saluran komunikasi online, media sosial, maupun toko fisik.
Omnichannel pun telah menjadi strategi yang populer dimana pelanggan yang menggunakannya lebih sering berbelanja dan menghabiskan 34 persen lebih banyak dibandingkan pembeli yang datang pada toko. 

Tren penggunaan Omnichannel tentu juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang turut bergeser setiap harinya. Pasalnya sebuah studi dari McKinsey menyebutkan bahwa 30-40 persen responden kini menggunakan saluran yang berbeda pada setiap situasi pembelian yang berbeda-beda.

Lebih jauh lagi, sebanyak 80 persen responden memiliki perilaku konsumen yang baru, dan setengahnya telah menggunakan saluran baru dalam berbelanja. Beberapa perubahan perilaku konsumen yang lazim diantaranya melonjaknya keinginan untuk berinteraksi secara real-time dan terpersonalisasi.

Tentunya pergeseran ekspektasi tersebut turut memicu peningkatan popularitas omnichannel, yang dapat memberikan implementasi nyata guna mewujudkan interaksi yang real-time dan personal. 

Melihat perkembangan ini, Qiscus berupaya untuk mengakomodir kebutuhan integrasi berbagai saluran bagi pelaku bisnis melalui solusi Omnichannel Chat, sebuah platform untuk mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dan media sosial.

Terbukanya integrasi terhadap berbagai saluran baru diharapkan dapat membantu bisnis dalam memenuhi ekspektasi konsumen dari berbagai channel yang berbeda. Hingga kini setidaknya terdapat lebih dari 20 saluran baru yang dapat diintegrasikan ke dalam dashboard omnichannel Qiscus, beberapa diantaranya yakni Tokopedia Chat, Google Play, Instagram Comment, SMS, hingga Email.

Dengan diluncurkannya WhatsApp Cloud API beberapa waktu lalu oleh Meta, Omnichannel Chat Qiscus kini juga mendukung integrasi dengan WhatsApp Cloud API serta dapat memaksimalkan fitur-fiturnya.

Saluran-saluran diatas ditujukan untuk memenuhi dan menjadi tambahan atas berbagai saluran-saluran yang selama ini dapat di integrasikan dengan Omnichannel Chat, khususnya WhatsApp Business API, Facebook Messenger, Instagram Direct Message, dan berbagai saluran komunikasi lain yang telah tersedia sebelumnya. 

Semakin maraknya penjualan melalui e-commerce dan media sosial menjadi alasan mengapa Tokopedia Chat dan Instagram Comment juga menjadi saluran yang ditambahkan Qiscus pada Omnichannel chat garapannya.

Di sisi lain, bagi beberapa industri tertentu, selain WhatsApp dan saluran komunikasi lainnya, Email dan SMS menjadi platform komunikasi yang lazim digunakan, sehingga turut dirasa penting oleh Qiscus untuk menambahkannya pada Omnichannel Chat. 

“Saluran yang menjadi fokus utama bagi bisnis menjadi berbeda dengan masing-masing industri dan kepentingan bisnis. Dengan menambahkan berbagai saluran untuk dapat di integrasikan, harapannya Qiscus dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan bisnis dalam tahapan-tahapan customer journey yang ada. Mulai dari lead generation, engagement, conversion, support, service, dan marketing,” kata CTO Qiscus, Evan Purnama.

Ke depannya, Qiscus mengaku akan terus berupaya untuk memberikan dukungan pada berbagai fitur dan saluran yang akan memaksimalkan Omnichannel Chat dan solusi-solusinya. Hal ini ditujukan agar pada akhirnya Qiscus dapat membentuk ekosistem digital yang menyeluruh dalam mendorong pertumbuhan bisnis.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id