Garuda Indonesia Adopsi Teknologi Cloud untuk Efisiensi Biaya

    Lufthi Anggraeni - 19 September 2020 11:08 WIB
    Garuda Indonesia Adopsi Teknologi Cloud untuk Efisiensi Biaya
    Garuda Indonesia menggunakan solusi Alibaba Cloud untuk efisiensi biaya operasional.
    Jakarta: Garuda Indonesia menyebut pihaknya telah mengadopsi teknologi cloud dari Alibaba Cloud, ditujukannya untuk mengefisiensikan biaya operasional. Keputusan ini disampaikan Garuda bersamaan dengan acara tahunan Alibaba, Apsara Conference 2020 yang digelar secara online.

    “Dalam menghadapi tantangan yang disebabkan oleh pandemik Covid-19 dan pembatasan perjalanan secara global, Garuda Indonesia telah berupaya mencari solusi untuk mendukung transformasi digital,” ujar Senior Manager Transformasi Digital IT Garuda Indonesia Pungky Prasetyawan.

    Pungky juga menyebut bahwa dengan adopsi teknologi cloud, Garuda Indonesia telah mengalami peningkatan dalam efisiensi biaya sebesar 60 persen. Selain itu, Pungky juga menyebut bahwa setelah bermigrasi ke komputasi awan, Garuda Indonesia dapat menjalankan metode bekerja dari jauh pada lebih banyak pegawai.

    Teknologi Alibaba Cloud disebut Pungky membantu mengurangi latensi jaringan, sehingga situs korporat, aplikasi mobile serta layanan tiket dan pemesanan Garuda menyuguhkan proses pemuatan lebih cepat.

    Pada bulan Juli lalu, Garuda mengalami penurunan jumlah penumpang secara total sebesar 61 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebagai dampak dari pandemi.

    Selain itu, Garuda Indonesia juga mencatatkan kerugian sebesar USD712,73 juta (Rp10,5 triliun) dalam semester pertama tahun 2020 ini, dan keuntungan pemesanan bersih sebesar USD24,11 juta (Rp257,7 miliar) jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019.

    Pungky menjelaskan bahwa Garuda Indonesia memulai proses migrasi ke teknologi awan pada tahun 2015, dan melakukan sejumlah perubahan termasuk mentransfer email on-premise ke cloud dan mendistribusi panduan pesawat secara online.

    Pengumuman ini tentu disambut baik oleh Alibaba Cloud yang menegaskan pihaknya siap untuk membantu Garuda indonesia dalam menjalankan proses transformasi digital melalui solusi dan teknologi cloud yang ditawarkannya.

    Dengan demikian, Alibaba Cloud berharap Garuda Indonesia akan dapat menyuguhkan inovasi dan kecekatan terbaiknya di pasar, serta menawarkan pengalaman pengguna yang mulus dan tanpa kendala bagi konsumennya di Indonesia.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id