Notifikasi Nomor Telepon Tidak Terdaftar di WhatsApp, Pertanda Dibajak

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Mei 2020 14:55 WIB
    Notifikasi Nomor Telepon Tidak Terdaftar di WhatsApp, Pertanda Dibajak
    Notifikasi yang diterima saat aplikasi WhatsApp mendadak logout. (WhatsApp)
    Jakarta: Beberapa minggu belakangan banyak pengguna WhatsApp yang mengalami kasus aplikasi mereka keluar alias logout. Mereka akan menerima notifikasi bahwa nomor yang digunakan tidak lagi terdaftar di WhatsApp dan harus memilih melakukan verifikasi atau oke menerimanya begitu saja.

    Padahal, notifikasi ini berarti akun WhatsApp Anda baru saja dibajak dan mencoba diakses oleh pengguna tidak dikenal di perangkat lain. Hal ini dialami oleh salah satu rekan dari Medcom.id yang menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru di iPhone 6S Plus.

    Meskipun ponsel yang digunakan sudah cukup lama, kasus pembajakan ini terjadi bukan karena alasan perangkat. Menurut pakar keamanan siber Vaksin.com, Alfons Tanujaya hal ini terjadi karena korban menjadi korban penipuan aplikasi atau layanan yang sebenarnya sudah disusupi oleh aplikasi tertentu oleh peretas.

    Baca: WhatsApp Mulai Gulirkan Panggilan Video Hingga 8 Orang

    "Kalau kasus yang saya alami adalah korban diiming-imingi produk murah. Jadi untuk mendapatkan produk murah tersebut harus memberikan alamat email dan nomor handphone untuk verifikasi," jelas Alfons.

    Dia mencontohkan korban membeli paket streaming bajakan murah yang kemudian diberikan sebuah aplikasi atau APK untuk menonton streaming tersebut. Padahal di dalam APK tadi sudah diselipkan SMS Forwarder atau Trojan yang bisa mencuri data pengguna.

    Di sini pelaku pembajakan atau peretas mendapatkan informasi nomor telepon dan alamat email yang digunakan untuk mengklaim atau membajak akun WhatsApp korban.

    Apa yang harus dilakukan apabila Anda menerima notifikasi dari WhatsApp tersebut? Alfons menegaskan siapapun untuk memilih menu Verifikasi dan jangan pilih "OK". Alasannya, pengguna asli atau korban masih bisa merebut kembali akun WhatsApp yang sudah dibajak.

    Memilih opsi verifikasi akan membuat pihak WhatsApp mengirimkan nomor unik atau OTP ke nomor telepon Anda yang terdaftar di WhatsApp untuk kembali login atau masuk ke dalam aplikasi. Apa akibatnya apabila Anda memilik opsi OK?

    Baca: Batasi Pesan Terusan, Pesan Berantai di WhatsApp Berkurang 70%

    Saat korban memilih opsi OK artinya dia menyetujui bahwa akun WhatsApp miliknya aktif atau login di perangkat lain yaitu di tangan pelaku pembajakan atau peretas. Mengingat aplikasi WhatsApp bisa menyimpan nama dan foto profil Anda serta daftar kontak maka dia bisa melakukan penipuan dengan mengaku sebagai Anda atau korban.

    Hal yang paling umum terjadi adalah pelaku pembajakan WhatsApp akan mengaku sebagai Anda atau korban dan mencoba menipu teman atau daftar kontak Anda untuk meminjam uang dengan berbagai alasan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id