Remaja Pelaku Pembobolan Twitter Ternyata Berpengalaman

    Cahyandaru Kuncorojati - 04 Agustus 2020 08:19 WIB
    Remaja Pelaku Pembobolan Twitter Ternyata Berpengalaman
    Graham Clark, remaja 17 tahun pelaku peretasan Twitter, Graham Clark. (New York Post)
    Jakarta: Kasus pembobolan akun Twitter sosok terkenal dunia seperti Bill gates, Barrack Obama, dan Elon Musk sudah terungkap. Remaja usia 17 tahun bernama Graham Clark diketahui jadi pelaku utama tapi tidak disangkan ternyata dirinya sangat berpengalaman.

    Terungkapnya identitas pelaku pembobolan atau peretasan Twitter ternyata membuat latar belakang kehidupan Clark ikut menjadi sorotan. Diketahui Clark punya masalah dengan keluarganya dan akhirnya lebih aktif di dunia maya hingga mampu melakukan peretasan.

    Dikutip dari The New York Times, dia usia 10 tahun Clark sudah dikenal sebagai salah satu scammer atau penipuan online di game Minecraft. Game menjadi pelarian dari masalah di keluaganya. Di usia 15 tahun dia diketahui bergabung ke forum hacker.

    BACA: Tiga Hacker Pembobol Akun Twitter Pesohor Ditangkap, Masih Muda

    Baru di usia 16 tahun dia akhirnya mulai terjun ke dunia uang kripto atau cryptocurrency yang saat itu Bitcoin menjadi jenis termahal. Clark diketahui terlibat dalam pencurian 164 Bitcoin dari seorang investor di Silicon Valley. Angka aksi pencurian ini tergolong besar.

    Saat itu nilai Bitcoin mencapai USD856.000 atau sekitar Rp12,5 miliar pada tahun 2019. Namun kasus ini tidak masuk dalam daftar 30 kasus yang dituduhkan pihak berwenang saat Clark ditangkap atas kasus pembobokan Twitter.

    Di mata hukum, usia 17 tahun masih termasuk usia minor atau remaja sehingga beban hukuman yang diterima seharusnya tidak seperti orang dewasa. Sayangnya, jaksa penuntut di pengadilan Tampa Florida, Amerika Serikat menilai tuduhan yang diajukan sudah termasuk kejahatan serius.

    Di tahun 2016 dan 2017 sebuah video di YouTube yang dibuat gamer Minecraft memperlihatkan beragam kasus penipuan (scam) yang merupaakan korban dari Graham Clark. Identitasnya sempat terungkap di video tersebut.

    BACA: Twitter Rilis Informasi Baru Soal Peretasan Akun Pesohor

    Di sini Clark terlihat sangat pandai untuk menipu dengan membujuk atau meyakinkan korban untuk melakukan transaksi alias scam. Saat game Fortnite populer dia beralih dari Minecraft untuk melakukan aksi kejahatan siber yang sama.

    Clark kemudian bergabung ke forum hacker bernama OGUsers sebelum akhirnya diblokir karena melakukan penipuan uang kripto terhadap sesama anggota forum. Di sini dia mempelajari metode peretasan SIM swapping. Clark membajak nomor kontak korbannya dan mengurus uang kripto aksesnya menggunakan nomor tersebut.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id