comscore

Kominfo dan Korsel Bahas Peluang Kemitraan Pusat Data

Mohammad Mamduh - 17 Juni 2022 09:10 WIB
Kominfo dan Korsel Bahas Peluang Kemitraan Pusat Data
Kominfo
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea Lee Sang Min membicarakan peluang kemitraan kedua negara di bidang pengembangan dan pembiayaan pusat data atau data center. 

“Kami bertukar pengalaman untuk mendiskusikan pengembangan dan rencana pembiayaan pusat data. Hal itu merupakan salah satu program untuk mendukung terwujudnya percepatan transformasi digital yang dicanangkan Presiden Joko Widodo,” jelasnya usai pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis 16 Juni 2022.
Johnny menyatakan Pemerintah tengah menyiapkan berbagai kebiijakan dan implementasi penyelenggaraan pemerintahan elektronik. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan dukungan infrastruktur berupa Pusat Data Nasional.

“Saya menyampaikan bahwa untuk Pemerintah Indonesia, kami memiliki kemungkinan kebijakan yang didorong oleh data (data driven policy). Untuk itu, kita perlu memiliki cloud pemerintah, pusat data, untuk mendukung pemerintahan elektronik kita di Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Menkominfo, Republik Korea juga memiliki peran penting dalam transformasi dan teknologi digital yang berlangsung secara global. 

Saat ini Kementerian Kominfo telah menyiapkan lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Batam, Kepulauan Riau. Johnny juga telah meninjau calon lokasi PDN yang memiliki luas tanah hampir 5 hektar itu. 

“Batam ini adalah kawasan industri dan saya sudah memeriksa spesifikasi calon lokasi pada bulan April tahun 2021 lalu, di sana sudah ada fiber optic,” jelasnya. 

“Kami telah memutuskan akan memiliki setidaknya empat lokasi untuk mendukung Kawasan Industri Ramah Lingkungan, serta membuatnya lebih produktif dan efisien secara ekonomi (efisiensi biaya) menjadi bagian dari Indonesia,” tandasnya.

Pembangunan Pusat Data Nasional memiliki manfaat besar bagi kedua negara karena akan membuat hubungan kedua negara akan lebih berkembang. 

“Proyek ini bermanfaat dan baik bagi Indonesia dan Republik Korea, terutama untuk proses pengambilan keputusan yang benar dan tepat dalam membantu kedua negara berkembang lagi.”

Selain itu, Kominfo juga mengharapkan dukungan Korea Selatan dalam pelaksanaan Leaders Meeting Indonesia Presidency G20 Summit. “Saya berharap bahwa kita dapat menandatanganinya di depan para pemimpin negara-negara dalam KTT G20 mendatang,” harapnya.

Dalam pertemuan itu Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; Staf Khusus Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dedy Permadi; Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Ditjen Aptika, Bambang Dwi Anggono, serta Kepala Pusat Kelembagaan Internasional Kementerian Kominfo, Ichwan Makmur Nasution.

Sementara Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea Lee Sang Min dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Indonesia Taesung Park, didampingi Direktur  Divisi Kerjasama Pemerintah Digital, Biro Pemerintah Digital Dalam Negeri dan Keamanan Republik Korea, Sungjoo Soon; Co-Direktur DGCC Indonesia-Korea, Kim Hyoo-joong; Direktur Negara Korea Eximbank, Kim Jae-cheol; serta penerjemah Bahasa Indonesia untuk Pemerintah Republik Korea, Min Seon-hee.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id