Bahaya, Grup WhatsApp Bisa Diakses Siapapun via Pencarian Google

    Cahyandaru Kuncorojati - 24 Februari 2020 16:07 WIB
    Bahaya, Grup WhatsApp Bisa Diakses Siapapun via Pencarian Google
    Logo aplikasi Facebook dan WhatsApp. (Shutterstock/Patrick Pieul)
    Jakarta: WhatsApp kembali menerima dugaan bahwa layanan mereka tidak aman. Laporan terbaru menemukan bahwa beragam link atau tautan untuk masuk ke grup percakapan WhatsApp bisa muncul di pencarian Google.

    Hal ini memungkinkan orang yang menemukan tautan tersebut dan tidak Anda kenal bisa masuk ke grup WhatsApp. Tautan ini sendiri sebagai fitur "Invite to group via link" yang memang ada di aplikasi WhatsApp.

    Jadi dengan hanya membagikan tautan grup WhatsApp ke seseorang, maka Anda atau admin grup tidak perlu lagi menambahkan anggota group satu per satu. Dikutip dari situs Vice, hal ini pertama kali ditemukan oleh jurnalis DW, Jordan Wildon.
     
    Wildon melaporkannya kepada publik lewat cuitan di akun Twitter. Teknisi dari App Reverse bernama Jane Machum Wong juga melaporkan hal serupa. Dia menemukan 470.000 hasil pencarian berisi tautan group WhatsApp. Pencarian ini dilakukan dengan mudah lewat kata kunci "site:chat. whatsapp.com".
     
    Hal ini sempat membuat WhatsApp maupun Google dalam posisi buruk. WhatsApp dianggap bocor dan layanan pencarian Google dianggap melakukan pelanggaran privasi. Namun akhirnya kedua perusahaan memberikan jawaban teknis yang serupa.

    Keduanya menduga bahwa pengguna WhatsApp pernah membagikan tautan grup WhatsApp di situs publik seperti media sosial dan tidak menghapusnya. Mesin pencarian Google yang memang punya kemampuan menjaring sumber dari situs publik secara tidak sengaja ikut menemukan dan menampilkannya.
     
    Jadi sebetulnya tidak ada masalah di sistem atau layanan WhatsApp dan Google. Hal ini sepenuhnya terjadi akibat pengguna WhatsApp tidak menjaga privasinya dengan tidak sembarang membagikan di situs yang bisa diakses siapapun termasuk media sosial.

    Google kemudian melakukan penyesuaian, mesin pencarian mereka tidak lagi menampilkan hasil pencarian berisi tautan ke grup WhatsApp.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id