Indosat - Freedom Combo

    Inspiratif, Kolaborasi UMKM Segarsvara X Beawiharta Terus Berjuang saat Pandemi

    Gervin Nathaniel Purba - 08 September 2020 09:00 WIB
    Inspiratif, Kolaborasi UMKM Segarsvara X Beawiharta Terus Berjuang saat Pandemi
    Segarsvara dan Beawiharta berkolaborasi dengan difasilitasi oleh IM3 Ooredoo bersama komunitas kreatif @kreatif.hub (Foto:Beawiharta)
    Jakarta: Banyak orang kehilangan pekerjaan akibat pandemi covid-19. Tidak sedikit juga yang terpaksa beralih profesi demi bertahan hidup. 

    Salah satu orang yang mengalaminya adalah Bayu Fajri. Sebelum pandemi covid-19, Bayu membangun usaha jasa penyewaan sound system bernama Bayusvara. Usahanya dirintis sejak 2012.

    Selama membangun bisnis, Bayu telah malang melintang di sejumlah acara dan konser musik di Jakarta. Banyak konser yang sudah mereka kerjakan, hingga akhirnya Bayu memiliki hampir 20 karyawan yang bekerja bersamanya.  

    Maret 2020, merupakan bulan yang sangat berat bagi Bayu. Ayah satu anak ini dihadapkan pada situasi yang sangat berat bagi bisnisnya.

    Pandemi covid-19 membuat acara musik di Jakarta ditiadakan. Otomatis, Bayusvara kehilangan pemasukan dari konser musik.

    Bayu harus memutar otak agar tetap bisa bertahan di tengah pandemi. Kas perusahaan hampir kosong. Dia memiliki tanggung jawab terhadap 20 karyawan. Pun ada seorang balita dan istri yang harus tetap dinafkahi Bayu.

    Bayu memilih untuk tidak memecat karyawannya. Dia beralih menjalankan bisnis jasa titip antar barang kebutuhan pokok bersama para karyawannya. Segarsvara, demikian nama bisnis barunya itu.

    Pilihan Bayu berbuah manis. Segarsvara dapat menghidupi karyawannya. Bisnis yang berlokasi di Tangerang Selatan ini menerima pesanan hingga 25 titipan per hari.

    Seiring berjalannya waktu, Segarsvara membutuhkan konten kreatif untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Namun ketidakpahaman Bayu dalam pembuatan konten dan cara berkomunikasi yang tepat kepada pasar membuat Segarsvara sedikit mengalami penurunan.

    Kehadiran Beawiharta sebagai visual story teller yang menceritakan proses perjuangan Bayu dan Segarsvara sangat membantu Bayu untuk kembali bersemangat terus melakukan inovasi bagi Segarsvara.

    Memahami kondisi para pekerja kreatif yang terdampak pandemi covid-19 tersebut mendorong IM3 Ooredoo bersama komunitas kreatif @kreatif.hub membantu UMKM, yaitu dengan memfasilitasi mereka bekerja sama dengan pekerja kreatif yang juga kehilangan lapangan pekerjaan untuk saling berkolaborasi menghasilkan dan memaksimalkan konten brand building sesuai kebutuhan usaha.

    Upaya ini dituangkan dalam webinar dan workshop bertema Berjuang dengan Berkreasi, yang didukung Smesco Indonesia.

    Inspiratif, Kolaborasi UMKM Segarsvara X Beawiharta Terus Berjuang saat Pandemi 

    Kick-off Webinar yang diadakan pada 25 Agustus 2020 menghadirkan SVP Head of Brand Manegement & Strategy Indosat Ooredoo Fahroni Arifin; Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata, Founder KreatifHub Nicholas Aristia, Visual Story Teller Beawiharta; dan Pemilik Segarsvara (jasa pengantaran grocery) Bayu Fajri.

    Mereka membahas tentang bagaimana memanfaatkan konten kreatif untuk membantu pemasaran usaha UMKM di tengah keterbatasan.

    "Besarnya semangat generasi muda dalam berjuang mencari cara menginspirasi IM3 Ooredoo dan KreatifHub untuk mendukung lebih jauh lagi usaha yang mereka lakukan. Mengolaborasikan para UMKM dan pekerja kreatif merupakan salah satu cara untuk mendorong bisnis lokal tetap berkembang guna menggerakkan roda perekonomian. Karena pada akhirnya, berjuang dengan berkreasilah yang dapat menembus segala keterbatasan ini,” ujar Fahroni.

    Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata menambahkan, "Era digitalisasi sekarang membuat UMKM juga terakselerasi karena bisnis UMKM sudah tidak lagi dapat mengandalkan pemasaran tradisional saja, sehingga penggunaan konten kreatif terencana secara online dapat membantu mereka mencapai target market yang lebih luas.

    Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi Bayu dan UMKM lain dalam mengembangkan bisnis barunya. Terlebih, Bayu bisa mendalami pembuatan konten kreatif dengan bertemu para pelaku pekerja kreatif dalam webinar dan workshop tersebut.

    Kesempatan kolaborasi UMKM dengan pekerja kreatif serta rangkaian webinar dan workshop Berjuang dengan Berkreasi terbuka untuk umum di seluruh Indonesia agar tercipta lebih banyak lagi cerita positif seperti kolaborasi Bayu Fajri dengan Beawiharta. 

    Selain itu, IM3 Ooredoo dan @kreatif.hub juga mengadakan kompetisi konten kreatif yang bisa diikuti oleh UMKM dan pekerja kreatif. Tersedia tiga kategori lomba konten, yaitu fotografi, videografi, dan desain ilustrasi. Periode lomba diadakan pada 8-30 September 2020.

    Untuk detail informasi seputar webinar, workshop, dan kompetisi dapat dilihat pada akun Instagram @kreatif.hub.


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id