Orang Tua Kini Bisa Batasi Waktu Penggunaan TikTok Anaknya

    Cahyandaru Kuncorojati - 20 Februari 2020 07:03 WIB
    Orang Tua Kini Bisa Batasi Waktu Penggunaan TikTok Anaknya
    TikTok. (Tech Crunch)
    Jakarta: Kepopulern TikTok tidak terbendung. Medsos seperti Facebook dan Instagram di Amerika dan Eropa ikut dibanjiri konten dari TikTok yang didominasi oleh kalangan remaja. Kabarnya TikTok merilis fitur baru bagi orang tua.

    Demi menangkal adiksi media sosial seperti layanan lainnya, TikTok baru saa merilis fitur terbaru bernama Family Safety Mode. Informasi ini diumumkan oleh Head of Trust and Safety TikTok, Cormac Keenan yang bertugas untuk operasional Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

    "Ketika orang menggunakan TikTok, kami berharap mereka mendapatkan pengalaman menyenangkan, otentik, dan aman. Sebagai komitmen kamu untuk menyediakan fitur dan pengalaman terbaik bagi pengguna, kami memperkenalkan fitur terbaru Family Safety Mode," jelasnya.

    Keenan menyebut bahwa Family Safety Mode adalah sebuah fitur yang membantu orang tua untuk menjaga anak-anak atau remaja tetap aman di TikTok. Bagaimana cara bekerjanya?

    Di situs resmi TikTok dijelaskan, Family Safety Mode bisa diaktifkan kapan saja dan terhubung ke fitur Digital Wellbeing yang sudah ada di semua smartphone. Diketahui bahwa fitur Digital Wellbeing adalah dashboard yang menyajikan statistik seberapa sering Anda mengecek smartphone.

    Fitur tersebut sudah ada di Android untuk membantu penggunanya yang ingin mengurangi adiksi penggunaan smartphone atau screen time. Fitur ini juga serupa di TikTok Family Safe Mode.

    Ada Screen Time Management di TikTok Family Safe Mode. Orang tua bisa membatasi waktu anak-anak atau remaja menggunakan aplikasi tersebut setiap harinya. Kemudian ada fitur pengaturan Direct Message.

    Pengaturan Direct Message ini bisa membatasi pesan yang diterima oleh akun penggunanya. Bahkan orang tua juga bisa menonaktifkan fitur berkirim pesan akun TikTok anak-anaknya. Ada juga fitur perlindungan konten yang tidak diinginakn atau Restrict Mode.

    Fitur Restrict Mode mirip seperti penyaringan kategori konten apa yang tidak ingin tampil atau dilihat oleh pengguna kalangan anak-anak atau remaja.

    "Hari ini kami juga meluncurkan Screen Time Management in Feed. Kami bermitra dengan kreator ternama kami untuk menciptakan TikTok sebagai aplikasi unik dan proaktif mengingatkan komunitas untuk menggunakan aplikasi dengan bijak," jelas Keenan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id